Konser Drive-In
(Sumber: facebook.com/hyundaimotorstudio)

Sabigaju.com – Pandemi corona membuat kehidupan umat manusia berubah drastis. Masyarakat dunia dipaksa beradaptasi Industri musik, dan segala gegap gempita konser di dalamnya, tak luput dari arus perubahan itu.

Untuk sementara waktu, tak ada lagi pertunjukan musik di stadion, gelanggang besar, maupun bar . Keriaan sing along panjang ikut lenyap ditelan wabah.

Semua berganti rupa lewat pertunjukan minimalis yang dilakukan di kamar pribadi serta interaksi yang terbangun dengan bantuan media sosial.

BACA JUGA: Konser Live Streaming Jalan Lain untuk Perangi Corona

Saat Live Streaming Mulai Bikin Jenuh

Beberapa bulan terakhir terakhir di media sosial, baik itu YouTube, Facebook Instagram hingga TikTok, dipenuhi musisi yang tak ingin duduk berdiam diri dan menerima nasib yang hanya bikin pusing kepala.

Mereka memanfaatkan layanan live streaming di media sosial tersebut untuk jaming dengan musisi lain ataupun sekedar mengumpulkan donasi.

Ada pula yang menggelar pertunjukan musik live streaming dari rumah sembari menyertakan QR Code bagi penonton yang ingin berdonasi.

Konser Live Streaming
(Foto: Freepik.com)

Mengadakan pertunjukan musik secara live streaming, tidak bisa dipungkiri, membuka peluang tatap muka dan menjalin kontak langsung dengan orang lain, sekalipun jumlahnya tidak banyak.

Namun, pertunjukan musik live streaming, sudah pasti, tidak bisa menggeser posisi konser offline yang menjadi elemen penting dalam industri musik.

Pertunjukan musik live streaming dinilai punya banyak celah seperti kualitas suara yang tak maksimal sampai koneksi internet yang tak jarang membuat kenikmatan penonton terganggu.

BACA JUGA: Clubbing Online Pilihan Pas Buat Saat Pandemi Corona

Konser Drive in bakal Jadi Tren?

Kini sebuah solusi lain coba dikembangkan dengan menyelenggarakan pertunjukan musik DriveIn. Cara ini dilakukan dimana pertunjukan konser  direkam dan ditransmisikan ke frekuensi khusus sehingga para penonton dapat mendengarkan konser melalui radio mobil mereka.

Di arena DriveIn yang luas itu, penonton menikmati konser dari dalam mobil bisa menikmati gambar sang penyanyi dari layar LED besar di atas panggung.

Konser Drive-In
(Sumber: facebook.com/hyundaimotorstudio)

Jika, pada koner yang biasa digelar sebelum pandemi penyanyi kerap mendapat applaus lewat cara tepuk tangan dari penonton, saat konser DriveIn di gelar para penggemar menunjukkan penghargaan mereka dengan membunyikan klakson dan menggunakan wiper kaca depan mobil mereka.

Setelah Denmark, Amerika Serikat dan Korea Selatan beberapa negara lainnya sudah menggelar pertunjukan musik Drive-in, Indonesia dikabarkan bakal menyusul pada bulan Agustus mendatang yang bakal dimeriahkan sejumlah musisi Indonesia.

Akankah Konser DriveIn bakal jadi di masa new normal nanti? (Sbg/Rig)

Comments