Julen Lopetegui dan presiden RFEF, Luis Rubiales. (Foto: rtve.es)

Sabigaju.com – Kabar mengejutkan datang dari timnas Spanyol. Sang pelatih, Julen Lopetegui yang telah mengarsiteki La Furia Roja selama dua tahun belakangan, dipecat oleh Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) pada Rabu, 13 Juni 2018 waktu setempat.

Keputusan RFEF melengserkan Lopetegui dari bangku kepelatihan timnas Spanyol tentunya cukup dilematis. Pasalnya, Andres Iniesta dkk harus menerima kabar pahit tersebut hanya sehari jelang kick-off Piala Dunia 2018.

Pemecatan Lopetegui bukan tanpa alasan. Kampiun Liga Champions tahun ini, Real Madrid sebelumnya baru saja mengumumkan diangkatnya Lopetegui sebagai manajer anyar mereka untuk menggantikan posisi Zinedine Zidane yang mengundurkan diri pada penghujung musim ini.

BACA JUGA: Sudah Dapat Pelatih, Real Madrid Nego Pertahankan Ronaldo

Presiden RFEF, Luis Rubiales pun berang usai mendengar kabar tersebut, karena Lopetegui secara diam-diam menerima pinangan Real Madrid tanpa memberitahu sang presiden terlebih dulu. Bahkan, dirinya dikabari oleh stafnya hanya 5 menit sebelum kubu El Real mengumumkan secara resmi.

Hal inilah yang menjadi faktor utama dipecatnya pelatih berusia 50 tahun tersebut. Sementara Lopetegui masih terikat kontrak dengan RFEF hingga 2020 mendatang.

“Saya paham betul bahwa ini situasi yang sangat pelik. Akan ada kritik atas apa yang kami lakukan ini. Saya menghormati Julen. Ia adalah pelatih hebat, yang membuat kami sulit untuk memecatnya. Namun, kami harus melakukannya,” kata Luis Rubiales, presiden RFEF dilansir dari laman BBC Indonesia.

Fernando Hierro Ditunjuk Sebagai Pengganti Lopetegui

Polemik ini pun akhirnya berakhir setelah pihak RFEF menunjuk eks kapten dan legenda Real Madrid, Fernando Hierro untuk menduduki jabatan yang ditinggalkan Lopetegui.

BACA JUGA: Menanti Kejutan di Laga Perdana Piala Dunia 2018

Hierro tentu menyadari tugas berat yang diembannya. Diangkat hanya sehari jelang dimulainya Piala Dunia dan harus menghadapi Portugal di laga perdana, bukanlah hal mudah bagi pelatih manapun meski banyak pemain bintang bertebaran di timnas Spanyol.

Hierro bersikap serealistis mungkin. Namun, dirinya yakin timnya mampu berbicara banyak di kancah Piala Dunia 2018 di Rusia.

“Situasinya seperti ini dan mulai sekarang saya menerima tanggung jawab dengan penuh keberanian, tak ada cara lain. Ini merupakan tantangan yang bagus dan menarik (bagi saya). Kami memiliki sekelompok pemain yang telah bersama selama dua tahun untuk bekerja menuju Piala Dunia,” ujar Hierro dinukil dari Marca.

Spanyol akan menghadapi Portugal dalam partai perdana Grup B Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Fisht Olympic di Sochi pada Sabtu, 16 Juni 2018 pukul 01.00 WIB. (Sbg/Nic)

Comments