Ananda Badudu
(Foto: Instagram
bandaneira_official)

Sabigaju.com – Hari ini Jumat (27/9) Netizen di berbagai media sosial mengecam keras penangkapan aktivis, musisi, dan penulis Ananda Badudu. Para Netizen ramai-ramai mengusung Tagar #BebaskanAnandaBadudu yang kini menempati posisi puncak trending topik di jagat Twitter Indonesia.

Cucu tokoh bahasa Indonesia, Jus Badudu, ini diketahui menggalang dana untuk aksi mahasiswa lewat platform pengumpul dana Kitabisa.

Penggalangan dana ini hanya satu bagian dari banyak hal yang dikerjakan oleh Ananda. Ia bersama teman-temannya menggunakan Twitter untuk berbagi informasi terkait aksi mahasiswa.

BACA JUGA: Alunan Meneduhkan Hingga Balada Perlawanan ala Sisir Tanah 

Dari lokasi aman, titik jemput ambulans, pengiriman air dan obat-obatan, hingga informasi orang.

Menurut Salah satu kuasa hukum aktivis HAM Ananda Badudu, Gifar dari LBH Jakarta mengonfirmasi penjemputan polisi dilakukan ketika kliennya tertidur di sebuah kos di kawasan Tebet Barat, Jakarta Selatan.

Gifar menyebut polisi menggedor pintu los sekitar pukul 04.25 WIB. Penjemputan dilakukan dipimpin seorang polisi bernama Eko sembari menunjukkan kartu dan lencana.

Eko bersama tiga rekan lainnya mengatakan membawa surat penangkapan Ananda atas keterlibatan dalam aksi demonstrasi.

Gifar menambahkan sejumlah lembaga hukum dan LSM akan mendampingi Ananda melalui Tim Advokasi untuk Demokrasi.

BACA JUGA: Dialog Dini Hari dan Kumandang Tanggung Jawab Kepada Lingkungan

Petisi Bebaskan Ananda Badudu

Terkait pennagkapan tersebut Rara Sekar, Mantan vokalis Banda Neira band yang didirikan Ananda dan Rara, meminta bantuan dari publik agar polisi segera membebaskan sahabatnya, Ananda Badudu.

Kakak penyanyi ternama Isyana Sarasvati itu pun membuat sebuah petisi guna menggalang dukungan untuk Ananda Badudu.

Melalui situs Change.org, Rara Sekar membagikan kabar soal penangkapan Ananda Badudu tersebut seraya meminta dukungan dari masyarakat luas.

Hingga artikel ini diturunkan sudah lebih dari 58 ribu orang menandatangani petisi tersebut.

BACA JUGA: Kondisi Mental Hingga Muatan Sastra Jadi Inspirasi Barasuara 

Kondisi Ananda Terkini

Ananda sendiri kini sudah dibebaskan dengan status saksi. Ananda, melalui akun Twitter milik Zen RS, mengungkapkan dirinya beruntung dapat dibebaskan, namun di kantor polisi ia melihat sejumlah mahasiswa yang masih ditahan.

“Saya salah satu orang yang beruntung punya privileged dibebaskan tapi saya di dalam lihat banyak mahasiswa diproses tanpa pendampingan,” tulis Zen RS mengutip kata Ananda. (Sbg/Rig)

Comments