Iago Aspas saat mencetak gol ketika Spanyol bermain imbang dengan skor 2-2 di Stadion Kaliningrad, Selasa (26/6) dini hari WIB. (Foto: Getty Images)

Sabigaju.com – Dua jagoan Eropa yang tergabung di Grup B, Spanyol dan Portugal akhirnya memastikan diri melaju ke fase gugur Piala Dunia 2018 meski hanya bermain imbang dengan masing-masing lawannya pada partai terakhir.

Berkat hasil ini, Spanyol dan Portugal akan menantang dua wakil dari Grup A, yakni Uruguay dan Rusia yang sebelumnya telah lebih dulu dinyatakan lolos ke fase gugur.

Spanyol Diselamatkan Iago Aspas

Spanyol terbilang beruntung saat menahan imbang Maroko dengan skor 2-2 di Stadion Kaliningrad, Selasa (26/6) dini hari WIB. Maroko yang tampil ngotot, membuka keran gol ketika laga baru berjalan 14 menit melalui Khalid Boutaib. Kendati Isco Alarcon menyamakan skor 5 menit berselang, namun Maroko kembali unggul lewat Youssef En-Nesyri saat pertandingan menyisakan 9 menit lagi.

Ketika laga sepertinya akan berakhir untuk kemenangan Maroko, Iago Aspas menjadi pahlawan bagi La Furia Roja. Sontekan indahnya dengan backheel mampu mengelabui penjaga gawang Maroko, Munir pada menit ke-90+1.

BACA JUGA: Deretan Perusahaan Cina Jadi Sponsor World Cup 2018, Ada Apa?

Penalti CR7 Gagal Berbuah Gol, Quaresma Jadi Pahlawan

Hasil serupa juga harus dinikmati Portugal. Melawan Iran yang masih bernafsu lolos ke babak 16 besar, Portugal tampil tak kalah ngotot. Terus menyerang sejak peluit babak pertama dibunyikan, Portugal akhirnya memecah kebuntuan lewat sepakan melengkung Ricardo Quaresma dari luar kotak penalti semenit jelang turun minum.

Portugal punya kans menambah skor jika saja sepakan penalti sang bintang, Cristiano Ronaldo tak digagalkan kiper Iran, Alireza Beiranvand saat laga babak kedua baru berjalan delapan menit.

Jelang pertandingan usai, Iran akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat titik putih. Karim Ansarifarid yang ditunjuk sebagai algojo, sukses menunaikan tugasnya dan membawa skor imbang 1-1. Sayang, hingga penghujung laga, tak ada lagi gol yang tercipta.

Spanyol akan berhadapan dengan tuan rumah yang menjadi runner up Grup A, Rusia pada Minggu (1/7) mendatang. Sedangkan Portugal bakal diuji oleh Uruguay yang berpredikat juara grup di hari yang sama. (Sbg/Nic)

Comments