dirumahkan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Ada jutaan pekerja yang terkena dampak Covid-19 yang saat ini baik terkena PHK atau dirumahkan. Jumlah ini juga bakal terus bertambah seiring masih berlangsungnya pandemi ini.

Yup, pandemi Covid-19 mematikan pemasukan banyak sektor bisnis, sehingga banyak perusahaan tak mampu lagi menggaji karyawannya.

Misal agen travel yang runtuh karena banyak yang tak bisa melakukan perjalanan ke luar negeri. Mall yang tutup karena sepi pengunjung. Pedagang makanan yang sepi konsumen karena orang ragu akan higienisnya. Dan, masih banyak hal lain yang terdampak.

Sedih sih,  dirumahkan pun  jadi jalan yang terpaksa dipilih. Mereka tak bisa membayar karyawannya.

Kamu juga termasuk karyawan yang dirumahkan? Tenang , Sob! Di era internet sekarang ini, kamu masih bisa melakukan banyak hal dari manapun, termasuk melakukan  berbagai aktivitas produktif di rumah. Apa aja itu?

BACA JUGA: Berbagai Peluang Datangkan Cuan di Tengah Pandemi Corona

E-learning

Saat dirumahkan kamu bisa k banget mengikuti pelatihan ataupun skill lewat  aplikasi e-learning yang bisa kamu akses, dari dalam maupun luar negeri.

Ada beberapa kampus yang bisa menawarkan kuliah secara online, bahkan beberapa kursus juga. Cocok banget buat kamu yang mau menambah skill atau ilmu.

Jualan online

ketika kamu dirumahkan inilah saatnya kamu belajar bisnis secara online., Kamu bisa nih intip marketplace dan beberapa e-commerce untuk kamu jadikan media jualan.

Pelajari juga beberapa teknik bisnis agar jualan online kamu lancar jaya. Ada juga teknik jualan dropship yang bisa kamu pelajari. Masih bisa kok,menghasilkan uang dengan cara ini.

BACA JUGA: Tak Perlu Meratap Saat di PHK Ketika Pandemi Corona

Bikin Konten Blog/Vlog

Momen dirumahkan adalah saatnya kamu meluncur buat jadi artis Youtuber atau penulis blogger. Ini bisa nguntungin juga, Sob.

Kalau kamu punya ide konten menarik dan jarang orang punya, dijamin banget kamu bakal punya pengikut. Hitung-hitung menyalurkan hobi menulis atau bahkan impian jadi artis.

Baca E-Book

Hal lain yang bisa kamu lakukan saat dirumahkan adalah membaca buku berkualitas.

Bacalah setidaknya satu halaman buku per hari. Kalau kamu enggak bisa beli buku ke toko buku, kamu bisa berbelanja online atau membelinya dalam versi e-book.

Inget nih, selain simpel karena bisa dibawa dalam satu device aja, e-book juga bisa bikin kamu turut serta menjaga lingkungan dengan mengurangi pemakaian kertas.

BACA JUGA: Jadikan Hobi Bermusik Agar Mendatangkan Cuan 

Freelance

Sekarang juga udah banyak banget beberapa platform yang jadi wadah bagi para freelancer.

Ada yang lokal aja, sampai bahkan mancanegara. Sekarang, kamu bisa menambah pundi-pundi rupiah dengan bergabung bersama mereka.

Lumayan juga kan, kamu bisa mengembangkan portofolio kamu untuk kantor incaran kamu selanjutnya.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah kamu dirumahkan perusahaan. Sedih boleh banget, tapi kamu harus tetap melakukan sesuatu untuk bertahan hidup. Atau kamu punya cara lain selain lima hal di atas? Semangat ya! (Sbg/Dinda)

Comments