Begitu banyak warga Amerika Serikat yang memprotes keputusan Nike yang menampilkan sosok Colin Kaepernick sebagai model iklan terbarunya. Taksedikit yang memilih untuk membakar sepatu Nike mereka. (Foto Instagram)
Begitu banyak warga Amerika Serikat yang memprotes keputusan Nike yang menampilkan sosok Colin Kaepernick sebagai model iklan terbarunya. Tak sedikit yang memilih untuk membakar sepatu Nike mereka. (Foto Instagram)

Sabigaju.com – Aksi pemboikotan terhadap berbagai produk Nike di Amerika serikat (AS) masih berlanjut menyusul dirilisnya iklan yang menampilkan sosok atlet kontroversial Colin Kaepernick.

Munculnya Colin Kaepernick dalam di kampanye terbaru Nike sebagai selebrasi 30 tahun slogan legendarisnya, ‘Just Do It’. seakan membuat rakyat AS sedang terpecah belah dalam beberapa hari terakhir.

Apalagi dalam iklan tersebut, Nike menyertakan kalimat ‘Believe in Something. Even if it means sacrificing everything’. Kalimat tersebut bisa diartikan, ‘Yakinilah sesuatu, meski harus mengorbankan semuanya.’

Nike Tetap Laris Manis

Keputusan Nike menjadikan Colin Kaepernick sebagai model iklan terbaru mereka mendatangkan protes besar. Seperti dilaporkan Daily Mail, sejumlah konsumen Nike yang pro-Trump membuat gerakan untuk memboikot raksasa olahraga tersebut.

Mereka melakukan aksi membakar sepatu dan baju Nike yang mereka miliki dan mengunggah video pembakaran tersebut ke media sosial seperti Twitter dan Instagram disertai hashtag #justburnit hingga #BoycottNike.

Kendati mendapat ejumlah aksi pemboikotan, penjualan online Nike justru dilaporkan naik. Dilansir dari Sole Collector, MarketWatch mempublikasikan temuan riset perusahaan e-commerce Edison Trends yang mengindikasikan penjualan label Swoosh meningkat selama Labor Day dibanding tahun lalu.

Penjualan online Nike dilaporkan meningkat 31 persen dari hari Minggu ke Selasa, sehari setelah memulai kampanye. Sementara itu, pada tahun 2017, selama periode yang sama, penjualan online Nike hanya sekitar 17 persen.

Sneaker Model Terbakar

Ditengah maraknya pemboikotan ataupun pembakaran berbagai produknya beredar kabar kalau Nike bakal mengeluarkan sneaker edisi Kaepernick.

Spekulasi yang beredar di media sosial  seperti Facebook, Twitter hingga Instagram sepatu baru keluaran Nike tersebut nantinya bakal mirip seperti sneaker model terbakar.

Banyak Warganet yang mengunggah model Nike terbarud engan tampilan sneaker model terbakar (Foto: Facebook)
Banyak Warganet yang mengunggah model Nike terbarud engan tampilan sneaker model terbakar. (Foto: Facebook)

Namun, ternyata hal tersebut adalah ulah iseng warganet. Maraknya peredaran sneaker model terbakar itu ternyata bukanlah model baru yang bakal dirilis Nike.

Sebab hingga saat ini belum ada keinginan Nike untuk membuatkan sneaker model terbakar itu bagi pemain yang hingga 2 tahun belakangan ini tidak lagi merumput dan berstatus free agent.

Berdasarkan kabar yang dilansir Darren Rovell dari ESPN, Nike tak memiliki rencana membuatkan signature shoe untuk Colin Kaepernick, atau pun koleksi pakaian lainnya.

Kaepernick sebenarnya telah menandatangani kontrak dengan Nike di tahun 2011. Selanjutnya, dia masih berada di dalam daftar atlet Nike. Meskipun dia harus tersingkir dari liga bergensi futbol Amerika (NFL). (Sbg/Rig)

Comments