Kecemasan bisa direakan dengan beberapa jenis makanan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di masa pandemi saat ini, kecemasan berlebihan atau anxiety menjadi masalah umum yang dialami banyak orang.

Hal ini bisa membuat kita mengalami kegelisahan terus-menerus dan mengalami penurunan fungsi otak. Itu sebabnya, diperlukan bantuan profesional untuk mengatasi hal ini.

Menurut Nathalie Rhone, seorang ahli nutrisi dari New York ada beberapa jenis makanan yang bisa mengurangi gejala kecemasan dalam diri seseorang.  Makanan apa saja yang dimaksud, Simak ulasannya berikut ini:

BACA JUGA: Pola Makan Intuitif, Yuk Kita Terapkan Siang Ini 

1. Daging Kalkun

Kamu bisa mengonsumsi daging kalkun secara tepat karena dapat bermanfaat mengatasi kecemasan.
Kandungan triptofan, salah satu jenis asam amino pada daging kalkun dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh kita, sehingga meredakan kecemasan.

Tryptophan membantu tubuh memproduksi serotonin, neurotransmitter yang menciptakan suasana bahagia dan menenangkan yang membantu tidur pulas. Namun jangan sampai kamu menyantapnya ecara berlebihan yah gaes karena dapat membuat keadaan food coma atau kelelahan setelah makan.

2. Telur

Rasa cemas dan panik dapat merusak kesehatan kita secara fisik. Kuning telur mengandung seng dan selenium, sebuah antioksidan yang juga dapat mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

3. Ikan Salmon

Ikan serbaguna ini dapat mengurangi kecemasan yang terjadi. Kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, melindungi sistem imun dan berperan penting dalam menjaga fungsi otak yang normal.

Salmon mengandung nutrisi yang meningkatkan kesehatan otak, seperti vitamin D dan asam lemak omega-3 asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) .

EPA dan DHA dapat membantu mengatur neurotransmitter dopamin dan serotonin, yang dapat memiliki sifat menenangkan dan merilekskan. serta dapat meningkatkan kemampuan otak untuk beradaptasi terhadap perubahan.

Selain itu, penelitian menunjukkan asam lemak ini dapat mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang mengarah pada perkembangan gangguan mental seperti kecemasan.

BACA JUGA: Adu Makan Pedas, Konten Unfaedah Skip Aja Gaes!

4. Dark Chocolate

Dark Chocolat alias cokelat hitam mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonol. Senyawa tersebut bermanfaat bagi fungsi otak.

Flavanol membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kemampuan otak untuk beradaptasi dengan situasi yang membuat stres.

Efek ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan diri lebih baik dengan situasi stres yang dapat menyebabkan kecemasan dan gangguan suasana hati.

5. Yogurt

Jenis makanan probiotik seperti yogurt dapat meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak.

Manfaat tersebut terjadi karena yogurt dapat menghambat radikal bebas dan neurotoksin, yang merusak jaringan saraf di otak dan menyebabkan kecemasan.

Mengonsumsi yogurt secara rutin juga membantu kita untuk probiotik setiap hari lebih mampu mengatasi stres dengan lebih baik. Selain itu yogurt juga meningkatkan fungsi otak yang membantu mengendalikan emosi dan sensasi sehingga gejala kecemasan berkurang.

6. Asparagus

Kuliner lain yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan kecemasan adalah asparagus.

Kuliner ini dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh. Asparagus mengandung vitamin B yang tinggi.

Kekurangan vitamin B dapat menjadi penyebab munculnya depresi. Satu cangkir asparagus saja dapat mencukupi 70 persen kebutuhan vitamin B yang direkomendasikan.

Asparagus juga mengandung bakteri prebiotik yang dapat memberikan efek positif pada suasana hati.

7. Buah Jeruk

Selain mencegah sariawan, kandungan vitamin C pada buah jeruk juga mampu mengurangi kecemasan.

Kelenjar adrenal pada manusia merupakan tempat terbaik untuk menyimpan vitamin C. Kelenjar adrenal mengatur kortisol menggunakan vitamin C yang terkandung dalam buah ini.

BACA JUGA: Pola Makan yang Bikin Panjang Umur Nggak Asal Kenyang 

8. Brokoli

Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli kaya akan magnesium. Magnesium berguna sebagai relaksasi dan mengurangi kecemasan. Selain itu, magnesium juga berguna untuk menjaga sistem pencernaan tetap optimal.

Untuk mendapatkan dosis harian 400 mg magnesium yang direkomendasikan, kukus brokoli sebagai lauk. Bisa juga dicampur dalam sup, omlet, atau kreasi masakan lainnya.

Nah Selamat mengonsumsi sederet  kuliner di atas, untuk mengusir kecemasan  di masa pandemi ini. (Sbg/Rig)

Comments