Dilanda Asmara
(Ilustrasi: Pixabay)

Sabigaju.com – Siapapun yang tengah dilanda asmara, baik pria maupun wanita pasti perasaannya diliputi bahagia dan berbunga-bunga.

Tapi sayangnya, saat seseorang dilanda asmara bisa mendatangkan efek buruk pada produktivitas kerja seseorang. Bahkan konsentrasi kerja bisa jadi tidak stabil.

Dan parahnya lagi kemungkinan besar kamu pun jadi tak fokus.  Hal ini bisa menimbulkan  risiko pekerjaan menjadi terbengkalai

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Kapankah Pria Menyadari bahwa Pria sedang Jatuh Cinta?

Penelitian Tentang Gangguan Fokus saat Dilanda Asmara

Dalam studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Leiden University dan University of Maryland melakukan pengamatan terhadap 43 orang yang sedang menjalin asmara.

Penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu enam bulan tersebut menunjukkan hasil yang cukup mencengangkan.

Saat seseorang dilanda asmara, gairah akan meningkat dan fokus Anda akan lebih banyak diberikan kepada kekasih, sehingga konsentrasi belajar dan bekerja menjadi terganggu. Ini menunjukkan kontrol kognitif yang berkurang.

Semakin dalam rasa cinta seseorang terhadap pasangannya, maka semakin besar pula kecenderungan untuk kehilangan konsentrasi karena kemampuan kognitif otak digunakan untuk memikirkan pasangan.

Itu sebabnya, para karyawan yang sedang dilanda asmara kerap mengalami penurunan produktivitas kerja.

Terutama ketika harus mengerjakan hal-hal monoton yang sangat membosankan. Tentu saja gangguan ini wajib segera diatasi supaya tidak mengganggu profesionalitas kerja secara berkepanjangan.

“Saat kamu baru saja terlibat dalam hubungan asmara, kamu akan merasa lebih sulit untuk berkonsentrasi pada hal-hal lain. Karena sebagian besar waktumu dihabiskan untuk memikirkan si pujaan hati,” ujar juru bicara peneliti Henk van Steenbergen.

BACA JUGA: Singkatnya Waktu yang Dibutuhkan Pria untuk Jatuh Cinta 

Tugas dan Informasi Jadi Kacau

Para peserta diminta untuk mengerjakan beberapa tugas, salah satunya adalah tugas-tugas yang membutuhkan waktu dan diurutkan dari informasi yang tidak relevan ke informasi yang relevan.

Hasilnya, semakin dalam rasa cinta, pria dan wanita semakin tidak dapat berkonsentrasi pada informasi yang relevan.

Para peserta juga diminta untuk mendengarkan musik yang dapat menimbulkan perasaan romantis, lalu diminta membayangkan hal-hal romantis untuk menggambarkan perasaan cinta mereka.

Ini dilakukan sebelum mereka menyelesaikan kuesioner yang digunakan untuk menilai sebesar apa rasa cinta mereka.

“Bisa jadi saat jatuh cinta seseorang menggunakan semua sumber daya kognitifnya untuk memikirkan pujaan hati. Sehingga mereka tidak memiliki kemampuan untuk melakukan tugas yang terlihat membosankan,” papar Van Steenbergen.

BACA JUGA: Jatuh Cinta Bukan Cuma Perasaan, Itu Urusan Otak! 

Mengatasi Gangguan saat Dilanda Asmara

Nah jika kamu sulit berkonsentrasi ataupun fokus  pada pekerjaan,saat dilanda asmara sebaiknya kamu meminimalkan komunikasi dengan pasangan saat jam-jam kerja.

Tunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang profesional meskipun sedang menjalin hubungan asmara yang hangat dengan pasangan tercinta.

Jangan sampai karirmu hancur atau perusahan merugi lantaran kamu tidak fokus saat dilanda asmara. (Sbg/Rig)

Comments