Diet Nordic
Banyak penggiat pola hidup sehat yang memandang kalau diet Nordic mampu mendatangkan sederet manfaat sehat yang tidak terduga.(Foto: Instagram ladolcevitahealthnutricao)

Sabigaju.com – Jika kamu kini yang tengah menjalani diet, apakah kamu sudah mencoba pola diet Nordic? Jenis diet ini kabarnya efektif menurunkan berat badan.

Bahkan, tak sedikit yang menyebutkan bahwa diet Nordic mampu mendatangkan sederet manfaat sehat yang tidak terduga.

Adapun bahan makanan dalam diet Nordik bersumber dari bahan lokal dan tradisional di Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia. Namun, kamu bisa mencoba jenis diet ini di mana pun tinggal.

Seperti apa pola makan diet ini dan apa manfaat bagi kesehatan kita, simak ulasan diet nordic berikut ini.

BACA JUGA: Tren Diet Militer yang Mulai Banyak Dilirik Orang

Pola Diet Nordic

Menurut Dr. Frank Hu, profesor nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, Diet Nordik adalah pola diet sehat yang berbagi banyak elemen dengan diet Mediterania.

Diet Nordik menyarankan kamu untuk mengurangi atau tidak makan sama sekali makanan seperti daging, susu, gula dan alkohol.

Dalam diet aslinya, buah kurang penting karena kebanyakan buah tidak tumbuh dengan baik di belahan bumi utara, kecuali beberapa varietas buah beri.

BACA JUGA: Yuk! Dapatkan Berjuta Manfaat Lewat Diet Mediterania 

Untuk memulai diet ini, berikut perkiraan menu makan harian. misalnya saat sarapan kamu bisa mencoba buah-buahan kering, biji-bijian, buah beri dan produk susu fermentasi seperti kefir, atau bubur gandum.

Sedangkan saat makan siang kamu bisa menyantap roti gandum, salad, produk fermentasi, acar, jamur, asparagus, kacang hijau, buah-buahan segar, telur, jamur. Dan sebagai menu makan malam: ada baiknya kamu menyantap ikan dan sayuran.

Mirip Diet Mediterania

Pada dasarnya diet Nordik mirip dengan diet Mediterania, yaitu lebih banyak mengonsumsi ikan, telur, sejumlah produk susu dan membatasi makan makanan olahan serta daging merah.

Perbedaan diet Nordik dan Mediterania adalah lemak yang digunakan. Wilayah Mediterania dikenal dengan produksi minyak zaitun sehingga pada diet ini lemak yang dipilih berbahan zaitun, sedangkan pada diet Nordik mengonsumsi minyak canola.

BACA JUGA: Jangan Asal Percaya Saat Selebriti Promosikan Produk Diet! 

Manfaat Diet Nordic

Lantaran diet ini mengedepankan penggunaan minyak canola,yang diambil dari biji tanaman canola yang dihancurkan.

Dimana hal itu merupakan sumber asam lemak omega-6 dan omega-3, maka diet ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak serta dapat melindungi tubuh dari stroke dan serangan jantung.

Selain itu diet ini dapat meningkatkan kesehatan metabolik dan menurunkan risiko segala macam penyakit kronis.

Karena kandungan gula dan garam rendah, diet ini baik untuk menurunkan risiko kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular, alzheimer, dan parkinson.

BACA JUGA: Lima Jenis Diet untuk Pria Terpopuler, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Pola makan nabati pada diet ini menggunakan lebih sedikit sumber daya alam seperti air dan bahan bakar.

Jadi diet ini juga menciptakan lebih sedikit polusi dibandingkan dengan diet yang mengonsumsi banyak daging serta mengurangi konsumsi energi dan limbah makanan.

Namun demikian perilaku Diet Nordic juga wajib disandingkan dengan penerapan gaya hidup sehat, salah satunya berolahraga secara rutin dan teratur.

Hm, banyak manfaat dan lingkungan jadi sehat. Mantab kali Diet Nordic ini. Yuk, dicoba?(Sbg/Rig)

Comments