Permainan Catur
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Nama Ustaz Abdul Somad, belakangan ini ramai diperbincangkan karena disebut menyepakati permainan catur dan domino haram.

Dalam akun Instagram-nya, @ustadzabdulsomad_official, memberi penjelasan  ada sejumlah kalangan yang mengharamkan permainan catur jika permainan itu melalaikan ibadah salat.

Namun demikian di dunia ini banyak orang yang percaya kalau permainan catur punya manfaat begitu besar buat kesehatan mental dan otak, bahkan dianjurkan untuk diajarkan pada anak-anak.

Selain permainan catur juga diklaim bisa meredakan stres, mencegah demensia, dan melatih kesabaran.

Berikut sederet manfaat luar biasa yang bisa didapatkan lewat permainan catur.

Permainan Catur dapat Meningkatkan Perkembangan Otak

Berinteraksi dengan orang lain lewat aktivitas yang menantang otak sangat baik buat perkembangannya, termasuk bermain catur.

Penelitian di Jerman menyebut ketika para pemain catur diminta mengidentifikasikan posisi buah catur dalam posisi geometris, kedua sisi otak menjadi sangat aktif.

Penelitian lain bahkan  menyebut 4.000 peserta pelajar di Venezuela, laki-laki dan perempuan, mengalami kenaikan IQ setelah empat bulan biasa bermain catur.

BACA JUGA: Demi Kesehatan, Kamu Perlu Memainkan Instrumen Gitar 

Mencegah Alzheimer dan Mempercepat Proses Penyembuhan Stroke

Seiring pertambahan usia, alangkah baiknya memberikan latihan untuk otak, bukan hanya fisik, agar tetap sehat dan fit.

Sebuah penelitian yang dimuat di The New England Journal of Medicine menyebut kalau seorang lansia berusia di atas 75 tahun yang biasa bermain catur lebih kecil kemungkinan menjadi pikun.

Selain itu permainan catur sangat baik dalam memperbaiki kemampuan motorik mereka yang terserang stroke atau cedera kepala akibat kecelakaan.

Aktivitas memindahkan buah catur ke berbagai arah sesuai aturan langkahnya sangat baik untuk memperbaiki kemampuan motorik pasien.

BACA JUGA: Segudang Manfaat yang Bikin Cowok Kekinian Gemar Hobi Menembak

Meningkatkan kreativitas dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Manfaat lain dari bermain catur adalah  meningkatkan kreativitas karena merangsang otak kanan.

Bermain catur menuntut berpikir cepat untuk memecahkan masalah, terutama saat lawan terus menyerang.

Dalam sebuah penelitian di New Brunswick terhadap 450 pelajar membuktikan mereka yang bermain catur lebih lihai memecahkan masalah dibanding yang tidak bermain.

BACA JUGA: Sederet Hobi ini Bisa Mendatangkan Kecerdasan Bagi Cowok

Mengasah Kemampuan Perencanaan

Salah satu bagian otak yang terakhir berkembang saat dewasa adalah korteks prefrontal, yang bertugas dalam perencanaan, menilai, dan kontrol diri.

Hal itu lantaran bermain catur  menuntut strategi dan pemikiran kritis, bermain catur mampu meningkatkan perkembangan korteks prefrontal dan membuat remaja lebih pandai mengambil keputusan.

Nah, demikian manfaat permainan catur yang begitu luar biasa. (Sbg/Rig)

Comments