Cerita Mistis
(Sumber Foto: @SimpleM81378523)

Sabigaju.com – Belakangan ini netizen dan publik ramai membahas penuturan cerita mistis berjudul KKN di Desa Penari. Cerita mistis tersebut dituturkan oleh akun Twitter SimpleMan di @SimpleM81378523 menjadi viral medsos.

Dalam cerita yang ditulis lewat cuitan threadnya selama 11 hari, dari 24 Juni 2019 hingga 5 Juli 2019. Mengisahkan cerita mistis yang dialami sejumlah mahasiswa melakukan saat KKN yang berlangsung selama 6 minggu pada 2009 silam.

begitu banyak, porang yang penasaran dengan cerita tersebut hingga mengikutinya hingga selesai.

Timbul pertanyaan, mengapa banyak orang yang tertarik dengan cerita mistis? Guna menjawab hal tersebut Sabigaju akan mengupasnya dari sisi ilmiah. Simak ulasannya berikut ini

BACA JUGA: Foto Pocong Antara Mistis, Phasmophobia Hingga Pareidolia

Alasan Ilmiah Orang Menyukai Cerita Mistis

Menurut seorang ilmuwan, Profesor Glenn Sparks dari Brian Lamb School of Communication di Purdue University, telah melakukan penelitian ekstensif yang menunjukkan alasan orang suka dengan hal menyeramkan ataupun cerita mistis . Meski sebenarnya mereka takut, tapi rasa penasarannya tinggi.

Dia mengatakan, orang suka hal mistis karena senang memacu adrenalin. Mereka juga lebih senang mengatur emosi untuk mendapatkan pengalaman baru.

“Seperti orang suka menonton film horor, meski menyeramkan tapi sebenarnya tidak perlu takut karena ceritanya fiktif,” ujar Profesor Glenn.

BACA JUGA: Daripada Menonton Sinetron Azab, Lebih Baik Matikan TV! 

Hal lain yang membuat orang tertarik mengikuti kisah atau  hal yang berbau mistis ini lantaran hal itu dapat  meningkatkan rasa percaya diri seseorang . Terutama bagi mereka yang ingin lebih dalam mengenal dunia ghaib.

Hal itu terkait dengan studi lain yang dilakukan oleh Dr Mathias Clasen. Dia menulis tesis tentang hal mistis untuk Departemen Estetika dan Komunikasi di Universitas Aarhus.

Dr Clasen menyebutkan, orang menyukai hal ghaib karena alasan menghormati leluhurnya. Ada DNA khusus yang membuat orang tertarik dengan hal mistis.

Penyuka hal mistis bahkan sering bereksperimen, yang membuatnya merasa puas jika berhasil dilakukan.

Mereka mendalami ilmunya tanpa berhenti dan terus mencoba. Beberapa orang juga suka hal mistis karena ingin mencari sensasi saja.

“Hal ghaib menakutkan, tapi bagi sebagian orang justru membuat penasaran,” kata Dr Clasen.

BACA JUGA: 5 Alasan Ilmiah Mengapa Menonton Film Horor Menyehatkan Tubuh Kita

Cerita Mistis Bikin Otak Sehat?

Lantas apa yang sebenarnya terjadi di dalam otak seseorang yang menikmati kisah mistis meski membuat bulu kuduk berdiri.

Menurut sebuah penelitian yang baru saja dipublikasikan di Journal Emotion menyimpulkan Saat seseorang mengikuti kisah dan menyukai halmistis, ada dua bagian otak diaktifkan, yakni thalamus dan amigdala.

Thalamus memproses pesan awal dari tubuh, kemudian amigdala membantu seseorang mengatasi rasa takut dan menunjukkan sinyal serius.

Bagian otak ini bekerja sama menyampaikan reaksi terhadap stimulus cerita mistis yang menyeramkan. Itulah sebabnya, otakmu tetap suka walaupun hatimu takut.

So , sudah jelas kan  mengapa  sebuah cerita mistis bisa menarik perhatian seseorang! (Sbg/Rig)

Comments