(Foto: Instagram brianimanuel)

Sabigaju.com – Hari ini Jagat Twitter Indonesia menjadi ramai lantaran sebuah cuitan yang dilontarkan oleh sosok mantan Duta Besar AS untuk RI dan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal yang mengkritik rapper Indonesia Rich Brian.

Cuitan Dino Patijala, yang juga mantan Duta Besar AS untuk RI dan Wakil Menteri Luar Negeri, menuai pro dan kontra dari netizen.

Sosok yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Indonesia Diaspora Network Global mengangap Rich brian bukan sosok panutan atau teladan bagi pemuda Indonesia.

(Foto: Twitter)

“Maaf, walaupun ia mungkin berprestasi, saya sbg seorang ayah memandang rapper diaspora Rich Bryan BUKAN panutan / tauladan bagi pemuda Indonesia, mengingat tweetnya yg sering bernada jorok, porno, kasar dan kadang merendahkan wanita,” tulis Dino via akun Twitter resminya @dinopattidjalal seperti dikutip Sabigaju.com, Rabu (17/7/2019).

BACA JUGA: Kamu Depresi? Yuk Dengerin Musik Metal Buat Mengatasinya 

Netizen Ngamuk

Tweet ini pun langsung saja mendapat beragam reaksi. Banyak penggemar Rich Brian yang tidak terima. Mereka juga merasa hal tersebut hanya sebatas penilaian Dino semata.

Salah satunya datang dari netizen dengan akun @WagimanDeep yang turut menanggapi cuitan itu. Dia menyarankan agar Dino mengikuti akun rapper kontroversial Indonesia, Young Lex.

“Ane saranken bpak polow @RapperYounglex saja pak dya rendah hati sesuwai syair nya ” Kamu suci Aku penuh dosa” Gitu gantik,”tulis akun tersebut

BACA JUGA: Lima Genre Musik yang Biasa Didengar Para pekerja untuk Mengusir Stres 

Kakak kandung rapper Rich Brian, Sonia Eryka, pun mengomentari kicauan Dino Patti Djalal tersebut.

Lewat sebuah capture twit Dino, Sonia Eryka mengunggah hal dimana Dino Patti Djalal pernah mencari Rich Brian untuk menjadi pembicara dalam sebuah forum.yang yang dituliskan pada 20 April 2018 lalu.

(Foto: Twitter)

“We are trying to find Indonesian rapper @richbrian to invite him to speak at Supermentor Los Angeles end of April, along with me and @ridwankamil. Can anyone help?”

Begitu banyak Cuitan netizen yang menanggapi unggahan Sonia tersebut. Para netizen umumnya menilai permintaan Dino itu bertolak belakang dengan sindiran keras yang dilontarkan oleh Dino Patti Djalal saat ini.

BACA JUGA: Netizen dan Pelaku Musik Kembali Gemakan Tolak RUU Permusikan

Dipuji Dunia dan Presiden

Padahal Rich Bryan alias Brian Imanuel Soewarno miliki bakat yang mengagumkan. Di usianya yang baru 19 tahun ini ia telah sukses dalam kariernya sebagai rapper.

Rich Brian juga berhasil pecahkan rekor sebagai artis Asia pertama yang memuncaki tangga album iTunes di musik hip hop.

(Foto: Instagram brianimanuel)

Tak sampai di situ saja prestasi yang ia raih. Ia juga pernah masuk ke dalam majalah Forbes, yang bertajuk “Forbes 30 Under 30: 2018″ atas torehan karier dan paling berpengaruh.

Dan belum lama ini, Rich Brian diundang ke istana bertemu dengan Presiden Jokowi pada tanggal 7 Juli 2019 lalu. Keduanya tampak akrab ngobrol santai.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan kebanggaan terhadap pemuda seperti Rich Brian. ” Ia memang anak muda asal Indonesia yang membanggakan kita,” tulis Jokowi dalam unggahannya di Instagram.

BACA JUGA: Musik Ternyata Bikin Performa Olahraga Makin Yahud 

Satu hal yang sangat disayangkan mengapa Dino  Pati Djalal sebagai orang yang pernah menjadi sosok dubes di Amerika Serikat (AS) kurang mengetahui bahwa musik Rap adalah budaya  yang terus berkembang di AS  sana.

Dan untuk menjadi rapper di AS itu sangat sulit. Bahkan  Eminem yang nota bene asli amerika  harus melalui berbagai jalur terjal untuk menjadi salah satu rapper terbaik di dunia.

Eminem bahkan harus melalui berbagai perundungan dan penolakan lantaran kulitnya yang putih dari para fans ataupun musisi rap yang mayoritas berkulit hitam..

Rich Brian mungkin tak menghadapi  penolakan sekeras Eminem tapi begitu banyak rapper di Amerika yang justru respect dengan kerja keras Rich Brian.(Sbg/Rig)

Comments