Cashless Society
Dialog Gini Hari yang berlangsung belum lama ini membahas seputar Cashless Society bersama bintang tamu Sylvia Kartika dan Jefri Dinomo. (Foto: Sabigaju.com)

Sabigaju.com – Belum lama ini studio Sabigaju mengadakan acara rutin bernama Dialog Gini Hari  yang dipandu Fikri Ramadhan dan Daus Gonia, menghadirkan bintang tamu Sylvia Kartika dan Jefri Dinomo.

Dalam sesi Dialog Gini Hari tersebut, mereka membahas tentang pengguna masyarakat non tunai atau biasa disebut dengan cashless society.

Yup cashless society sepertinya bakal menjadi tren keuangan saat ini

Cashless Society di Era Digital

Memasuki era digital sekarang ini, pemakaian media seperti mobile banking atau penggunaan media payment gateway menggunakan handphone via barcode atau kartu sebagai media pengganti uang kertas, sudah mulai bermunculan sebagai alternatif pembayaran.

Kini, dunia pembiayaan mengalami banyak perkembangan termasuk salah satunya pembiayaan non bank dengan media digital seperti halnya pada www.akulaku.com, www.koinworks, investree, GO-Pay, Grab Pay, e-cash, e-money atau akseleran.

Teknologi media pembayaran dan pembiayaan yang sedang trend seperti sekarang ini, disebut dengan fintech P2P lending dengan machine learning yang dihitung dan dinilai melalui algoritma tertentu.

Semua sistem dan kalkulasinya itu dilakukan dengan serba teknologi digital loh, sob. Menurut Sylvia, untuk mengetahui bagaimana seluk beluk pembiayaan ini kamu harus rajin baca terms and condition pada perjanjiannya.

Tujuan Penggunaan Transaksi Non Tunai

Dengan hadirnya budaya cashless society alias non tunai pada era digital sekarang ini, adalah untuk mendukung program Bank Indonesia bernama National Payment Gateway (NPG).

Program tersebut ditujukan sebagai upaya  efisiensi penggunaan uang kertas dan efisiensi transaksi keuangan di tahun 2017 ini.

Program ini sekiranya akan memberikan pengurangan penggunaan uang kertas, serta efisiensi untuk kecukupan uang kertas (liquid) pada perbankan Indonesia.

Namun, menurut Sylvia dan Jefri, untuk mewujudkan cashless society  dibutuhkan kesiapan baik dari sistem maupun dari masyarakatnya itu sendiri.(Sbg/Ary)

Comments