Jika dahulu gambaran maskulinitas sangat identik dengan kegarangan, ketegasan, kelicikan, keagresifan, keberanian, kenekatan, dan kegesitan. kini tengah ramai wacana ataupun pembahasan tentang perlunya upaya detoks maskulinitas (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Tak sedikit kaum cocok yang melihat bahwa Gagasan maskulinitas yang didefinisikan secara sempit mengusik tak hanya perempuan, tapi juga laki-laki.

Sejak lama maskulinitas diidentikan oleh Niccolo Machiavelli, dalam The Prince, yang meliputi k

Menurut Machiavelli, yang lembek sebaiknya menyingkir dari arena politik. Hanya yang jantan pantas memperebutkan kekuasaan. Dengan bersikap kejam maka seorang cowok akan lebih diperhitungkan baik sebelum maupun setelah berkuasa.

Namun, waktu berlalu,  kini tengah ramai wacana ataupun pembahasan tentang perlunya upaya detoks maskulinitas. Seperti apa sih detoks maskulinitas?

BACA JUGA:

 

Pentingnya Upaya Detoks Maskulinitas

Upaya detoks maskulinitas ditujukan agar kaum pria lebih mengerti cara berempati serta menghilangkan bentuk-bentuk maskulinitas beracun dan kekerasan berbasis gender dan ketidaksetaraan

Hal ini penting lantaran selama bertahun-tahun, pria telah menerapkan etos yang sama terhadap maskulinitas.  Hal ini sepertinya telah membuat hidup tampak tidak bermasalah. Tetapi bagi banyak wanita, orang-orang non-biner dan pria yang tidak cocok dengan stereotip laki-laki, jenis maskulinitas ini telah menyebabkan beberapa kejahatan paling kejam seperti kekerasan senjata, penyerangan seksual dan trolling online.

Sekarang ombak mulai berputar, dan ada aktivis, penulis, dan seniman yang bekerja untuk mendefinisikan kembali maskulinitas. Masalah ini menjadi semakin mendesak dan akhirnya mengambil pandangan kritis pada apa artinya menjadi seorang pria.

Krisis Maskulinitas

Maskulinitas, seperti yang kita tahu, sedang dalam krisis. Ada kebutuhan untuk membongkar status quo,

Maskulinitas yang sehat  mencerminkan berbagai cara maskulinitas dapat dilakukan, bahkan di luar stereotipikal butch dan dikotomi femme. Para pria dan anak laki-laki harus didorong untuk mengekspresikan seluruh emosi dan bukan hanya emosi yang diterima secara tradisional.

Ini tentang memberi pria izin untuk menjadi emosional dan benar-benar memiliki perasaan, dan mampu mengartikulasikan perasaan itu kepada orang-orang terdekat mereka.

Detoks maskulinitas  adalah upaya memperkuat hal-hal baik dan belajar bagaimana para pria menjadi manusia yang baik.

Nah belum lama ini Chanel Youtube Sabistriming mengadakan  sebuah talkshow  yang mengangkat pandangan cowok cowok modern tentang detoks maskulinitas. Nah kamu dapat menyaksikannya wawancara tersebut dalam video di bawah ini. Selamat menyaksikan. (Sbg/Rig)

Comments