Sabigaju.com – Libur Paskah sebentar lagi. Nah, sobat sabi selagi libur kamu bisa mengunjungi beberapa tempat religi di Tanah Air. Wisata religi ini juga biasanya ramai dan menjadi primadona saat libur Paskah. Wisata religi ini bisa kamu jadikan pilihan kalau kamu bosan dengan liburan yang mainstream banget. Lalu tempat mana saja sih yang jadi tempat wisata religi?

Bukit Kasih Manado

Bukit kasih merupakan salah satu destinasi wisata religi yang populer di Sulawesi Utara, Manado yang remis didirakan pada tahun 2000. Selain menjadi wisata religi, Bukit Kasih juga disebut sebagai tugu toleransi dan simbol perdamaian. Karena di tempat ini kamu bisa menemukan lima rumah ibadah dari lima agama yang ada di Indonesia. Di Bukit Kasih Manado juga terdapat patung Toar dan Lummi’muut yang diyakini sebagai leluhur di tanah Minahasa. Tidak heran kalau di saat libur Paskah, Bukit kasih ini ramai dikunjungi wisatawan dari luar kota.

Bukit Doa Tomohon

Bukit Doa Tomohon adalah wisata religi yang bernuasa Katolik. Di Bukit Doa Tomohon terdapat jalan setapak dengan 14 titik pemberhentian yang merefleksikan kembali pada prosesi Jalan Salib yang pernah dialami Yesus Kristus. Di Bukit Doa juga terdapat patung Yesus Memberkati setinggi  30 meter. Patung ini menjadi salah satu patung Yesus tertinggi di dunia. Pengunjung yang datang ke Bukit Doa Tomohon akan merasakan sensasi yang berbeda. Karena para pengunjung akan diajak memasuki sebuah lorong yang dihadapkan langsung dengan makan Yesus. Setelahnya keluar dari lorong tersebut, para pengunjung akan disambut oleh patung Bunda Maria.

Gua Maria Lourdes Kediri

Untuk berwisata religi kamu tidak perlu jauh-jauh ke Perancis untuk mengunjungi Gua Lourdes. Karena di Indonesia juga ada dan tidak jauh berbeda. Menjelang Paskah, Gua Maria Lourdes yang terletak di Desa Pohsarang, Kediri, Jawa Timur ini tidak pernah sepi pengunjung. Tidak saat Paskah pun, kalau kamu berkunjung ke Kediri, kamu juga wajib datang ke Gua Maria Lourdes yang menjadi salah satu tempat wisata rohani yang wajib dikunjungi.

Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni merupakan salah satu gereja Katolik warga India yang berada di Medan. Graha Maria Annai Velangkanni memiliki design yang unik karena bentuknya yang terlihat seperti kuil Vihara umat Buddha. Graha Maria Annai Velangkanni dibangun sejak September 2001.

Salib Kasih Tarutung

Wisata religi bersejarah lainnya berada di tanah Batak, Salib Kasih Tarutung. Tidak sedikit pengunjung yang berbondong-bondong mengunjungi Salib Kasih Tarutung untuk merayakan Paskah di sana. Bukan hanya mendapatkan perjalanan rohani yang menyenangkan, para pengunjung juga bisa beribadah dan memanjatkan doa di ruang doa yang telah disediakan.

Larantuka Flores

Setiap Paskah, Larantuka di Kabupaten Flores Timur menggelar tradisi keagamaan. Tradisi keagamaan tersebut bernama Semana Santa. Dimana Semana Santa adalah prosesi berdoa menjelang perayaan Paskah dan berlangsung sampai perayaan Paskah tiba. Hal ini membuat banyak pengunjung baik domestik hingga mancanegara tertarik untuk datang ke Larantuka Flores saat Libur Paskah.

Indonesia ternyata memiliki banyak wisata religi yang sangat populer dan tak kalah dengan wisata religi di luar negeri. Kamu bisa merencanakan liburan Paskah kamu ke tempat-tempat wisata seru di atas.  (sbg/Aqiyu)

Comments