Ibu Kota Baru
(Sumber Foto: dok. Kemen PUPR)

Sabigaju.com – Presiden Jokowi hari ini Senin (26/8) Mengumumkan secara langsung melalui live streaming di akun YouTube resmi Sekretariat Presiden. Lokasi Ibu Kota baru yang akan berada di wilayah Provinsi  Kalimantan Timur.

Adapun  lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Nah Kali ini sabigaju mau kasih lokasi wisata nan memesona yang bisa kamu sambangi di wilayah provinsi Kalimantan timur.

BACA JUGA: Rencana Pemindahan Ibu Kota Ke Palangka Raya, Bakal Jadi? 

Pulau Derawan

Ibu Kota Baru
(Foto: Instagram paramatours)

Salah satu destinasi wisata andalan yang berada di wilayah yang menjadi ibukota baru Indonesia yakni Provinsi Kalimantan Timur adalah Pulau Derawan

Yup dari namanya sudah pasti terbayang hamparan laut biru jernih dan panorama bawah laut yang luar biasa indah.

Disini kamu bisa bermain bebas dengan penyu yang berlalu lalang di tepian pantai dan jika kita beruntung akan bertemu dengan gerombolan pari manta loh guys.

Jangan takut soal masalah akomodasi, di Derawan telah tersedia banyak penginapan mulai dari homestay yang disediakan oleh warga hingga resort mewah yang memiliki view dan dermaga yang langsung terhubung dengan laut, semua dapat disesuaikan dengan budget kamu.

BACA JUGA: Negara Tujuan Wisata dengan Budget Minim 

Pulau Kakaban

Destinasi wisata memesona ya g terdapat di Ibukota baru Kalimantan Timur adalah Pulau Kakaban yang sangat tersohor di antara wisatawan mancanegara.

Di lokasi ini terdapat sebuah danau purba dengan luas 5 km persegi yang bernama danau Kakaban. Danau ini semakin terkenal karena memiliki air payau.

Ibu Kota Baru
(Foto: Instagram didijournal)

Selain itu yang menjadikan Kakaban sebagai destinasi keren di Kalimantan Timur yaitu terdapat ubur-ubur tanpa sengat yang hidup di danau Kakaban.

Kamu bisa berenang bebas dengan ribuan ubur-ubur tanpa takut tersengat racun yang biasanya dimiliki oleh ubur-ubur di laut.

Keunikan seperti ini hanya ada dua di dunia loh. Danau air payau dan ubur ubur tidak bersengat hanya dapat kamu jumpai di Palau, Mikronesia dan Kakaban, Indonesia.

BACA JUGA: Wisata Bulan Madu Anti Main Stream, Nih Rekomendasi Destinasinya

Danau Labuan Cermin

Tempat wisata nan memesona di Ibu kota Baru,  Kalimantan Timur ini sedang hits dikalangan pemburu keindahan alam.

Danau yang terletak di Biduk-biduk, Kabupaten Berau ini baru saja diperkenalkan sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia.

(Foto: Instagram tegarsatyapratama)

Kendati masih baru diperkenalkan namun karena keindahannya, cukup banyak wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke kalimantan Timur untuk mampir ke Labuan Cermin.

Untuk mencapainya, kita harus menempuh perjalanan berjam-jam yang melelahkan. Namun jangan khawatir, sesampainya disana kita akan disajikan sebuah pemandangan luar biasa indah. Yang membuatnya istimewa adalah kejernihan air yang terdapat di danau ini membuat perahu yang berada di atasnya terlihat seperti melayang.

Selain itu, danau ini memiliki dua rasa air yang berbeda yaitu air tawar di permukaannya dan air asin di bagian bawah danau. Biota yang hidup di dalamnya juga berbeda sesuai dengan jenis airnya. Di permukaan hidup ikan air tawar dan di bawah danau hidpu ikan laut.

BACA JUGA: Lima Hal yang Bikin Perjalanan Wisata Tetap Seru Meski Sendirian  

Goa Besiang

Ibu Kota Baru
(Sumber Foto: Borneo News.com)

Wisata Goa yang terdapat di salah satu kabupaten di Kalimantan Timur yaitu Penajam Paser Utara memiliki puluhan goa indah.

Salah satunya adalah goa yang terdapat di Kecamatan Waru, keindahan goa yang memiliki stalaktit dengan ukuran 30 hingga 100 cm yang menggantung di atas goa kapur tersebut.

Panjang goa masih belum diketahui hingga saat ini namun diperkirakan memiliki panjang hingga ribuan meter.

BACA JUGA: Merdeka, Ini Tanah Airmu di Sini Kita Bukan Turis

Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai (TNK) merupakan salah satu objek andalan yang ada di Ibu Kota Baru Indonesia alias provinsi Kalimantan Timur.

Di sana kamu bisa menjumpai flora yang semakin langka seperti tumbuhan Gaharu, Kantong Semar dan Anggrek hutan, di TNK juga hidup sekitar 80 persen dari seluruh jenis burung di Borneo, dan lebih 80 jenis mamalia Borneo termasuk Orangutan.

Kawasan ini sebenarnya menjadi habitat kelompok primata seperti orangutan, owa Kalimantan, Bekantan, Kera ekor panjang, beruk dan kukang, tidak hanya itu di TNK juga menjadi habitat dari kelompok ungulata seperti Banteng, Rusa, Kijang dan Kancil, kelompok ini dapat ditemui di semua kawasan TNK.

Nah kamu siap untuk berpetualang atau berlibur di wilayah di Ibu kota baru Indonesia?(Sbg/Rig)

Comments