Foto: Instagram.com/philipcheng.cr)

Sabigaju.com – Jika kamu ingin berwisata ke sebuah tempat yang memiliki keindahan dan suasana seperti negeri dongeng maka kamu harus mengunjungi Desa Giethoorn,yang terletak di Kotamadya Steenwijkerlaan, Provinsi Overijssel, Belanda.

Di Desa ini kamu bisa merasakan keindahan langit biru polos, tanahnya berupa hamparan rumput hijau, bangunan rumah-rumahnya unik dan megah, serta lingkungannya dipenuhi bunga yang berwarna-warni.

Tak ada gedung bertingkat, Mall apalagi jalanan macet membuat desa Giethoorn menjadi salah satu tempat impian yang bebas polusi di tengah era pemanasan global seperti saat ini.

BACA JUGA: Wisata Belanja Horor sekaligus Uji Nyali di Pasar penyihir 

Keliling Desa Naik Perahu

Salah satu keunikan Desa Giethoorn adalah bebas polus. Didesa ini tidak menyediakan jalan raya untuk lalu-lalangnya kendaraan bermotor.

Setiap harinya, penduduk Giethoorn biasa menggunakan kanal sepanjang 4 kilometer untuk lalu-lintas perahu sebagai akses utama yang menyambungkan setiap tempat di desa.

wisata perahu di Giethoorn
(Foto: Instgram.com/ravel_to_the_world_sights)

Air yang jernih dan kiri-kanan yang berhiaskan pohon rindang bakal menemanimu selama melakukan perjalanan di sini.

Adapun perahu yang digunakan haruslah menggunakan motor listrik yang tidak menimbulkan polusi, baik asap maupun suara. Hal ini agar tidak merusak ketenangan yang tercipta di desa ini.

wisata perahu di Giethoorn
(Foto: Instagram.com/giethoorn_village)

Lantaran itulah desa ini sering disebut sebagai  Venice of the North atau Venice of Netherlands.

Namun, tak seperti Venesia yang terlalu padat dengan turis, suasana di Giethoorn terasa jauh lebih nyaman. More peacefull.

Kerennya lagi, paras Giethoorn terlihat semakin elok karena tak ada sampah sama sekali yang berserakan di pelatarannya. Rumah-rumah pertanian dari abad ke-18 dengan beratapkan jerami masih ada sampai saat ini.

BACA JUGA: Wisata Ramah Lingkungan Bakal Jadi Tren 

Bersepeda

Pilihan lain untuk berkeliling Desa Giethoorn adalah dengan naik sepeda. .Sebagai informasi, ongkos sewa sepeda di sini tidak terlalu mahal, sehingga cukup worth it untuk dicoba.

Lewat aktivitas ini kamu bisa  mengeksplor budaya orang-orang desa di Belanda ini lengkap dengan hewan-hewan dan areal persawahan.

Desa Giethoorn
(Foto: Instagram.com/ giethoorn_village)

Jika ingin berkunjung Giethoorn sambil menikmati ‘jam-jam emas’ di sana, atur alarm di pukul 6 pagi. Kemudian abadikan sejuknya suasana pagi di desa tersebut.

Usai lelah mengayuh sepeda kamu bisa  mencobacoba menikmati sensasi makan dipinggir kanal dengan berkunjung ke restoran yang ada di Desa Giethoorn.

Kafe dan restoran di desa Giethoorn
(Foto: Instagram.com/nella9s5f0)

Kamu bisa merasakan sensasi makan yang nyaman ditemani pemandangan desa Giethoorn yang indah.

Jalan Kaki Asyik

Tak melulu dengan perahu, kamu juga bisa menikmati suasana Giethoorn dengan berjalan kaki. Dengan berjalan kaki kamu bisa menikmati setiap jengkal jalan setapak di Giethoorn.

Kalian bisa berhenti di mana pun sesuka hati, termasuk melewati deretan jembatan kayu di atas kanal yang berfungsi sebagai penghubung satu rumah ke rumah lain.

Kalian bisa merasakan berbaur dengan penduduk sekitar, bermain bersama hewan ternak di pekarangan rumah meraka, maupun menapaki padang rumput yang tumbuh subur di sepanjang tepian kanal. Seru!

BACA JUGA: Asyik, Sehat dan Irit, Wisata Jalan Kaki Itu Keren Men!

Nggak Ada Hotel Mewah

Demi menjaga filosofi alam pedesaan yang tenang dan bersahaja, perangkat Desa Giethoorn melarang pendirian hotel mewah di kawasan ini.

Kehadiran penginapan berbintang dikhawatirkan akan merusak nuansa tradisional yang sudah dipertahankan selama ratusan tahun.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menginap kok di Giethoorn. Penginapan yang tersedia di sini berupa guest house dengan konsep bed and breakfast. Kalian bakal merasa jadi penduduk Giethoorn kalau menyempatkan menginap di  desa kecil nan sederhana.

Apalagi dengan suasana kamar yang tersedia di desa Giethoorn yang cukup memuaskan untuk kamar dengan tarif yang relatif murah.

Comments