(Foto: instagram.com/kumpanelectric)

Sabigaju.com – Tidak banyak yang tahu bila belakangan ini beberapa pabrikan sepeda motor asal jerman mengeluarkan skuter listrik. Kehadiran skuter listrik aasal jerman pun disambut antusias oleh pecinta otomotif di berbagai penjjuru dunia

Saking awamnya beberapa orang malah menyangka kalau motor listrik buatan Pabrikan jerman itu adalah vespa lantaran begitu mirip

Nah kali ini Sabigaju mau bagi informasi beberapa skuter listrik besutan pabrikan Jerman. Cek yah gaes.

BACA JUGA:  Apa Saja Pilihan Motor Matic yang Aman di Era New Normal?

Skuter Listrik Kumpan

Salah satu skuter listrik asal Jerman yang cukup banyak dibicarakan orang adalah buatan Kumpan Eletric, perusahaan otomotif asal Jerman yang merilis model terbaru yang mirip dengan skuter ikonik asal Italia Vespa dan Lambretta

Ada dua model skuter listrik keluaran Kumpan yakni Model Ignite dan Model Impulse kehadiran kdeuany demi memuaskan hasrat para konsumen.

(Foto: instagram.com/kumpanelectric)

Model Ignite, mampu mengeluarkan tenaga 7 kW (9,4 Hp) – 8,4 kW (11,3 Hp) pada daya puncaknya.

Selin itu model ini sanggup melaju sampai 100 kpj, alias lumayan buat ukuran skuter kompak. Soal baterai masih mengandalkan tipe sama. yakni2 paket Lithium-ion tersimpan di balik bagasi, masing-masing berkapasitas 1,5 kWh.

Dan kalau mau memperpanjang jarak tempuh, tersedia satu ruang baterai lagi.

Skuter Listrik Kumpan Ignite
(Sumber: kumpan-electric.com)

Jika  tiga baterai diaktifkan, Kumpan mengklaim skuternya bisa jalan 80-110 km (kombinasi). Tergantung kondisi cuaca, gaya mengendara,  Namunrasanya jarak segitu pun rasanya sudah cukup untuk berkeliling kota.

Skuter elektrik model Ignite  ini dibanderol 6,822 Euro, atau sekitar Rp 121 jutaan

Sementara Model Impulse, posisinya moderat. Tak terlampau pelan dan juga tak berlebih seperti Ignite.

skuter listrik Kumpan Impulse
(Sumber: kumpan-electric.com)

Skuter elektrik ini diperkuat batere dengan daya maksimal 4 kW (5 hp), dan bisa dipacu hingga kecepatan puncak 70 kpj.

Baterainya sama saja, tapi jika tiga-tiganya terpasang, hasil jarak tempuh memanjang dari 100 km – 120 km. Skuter elektrik ini dijual mulai 5,847 Euro aatau sekitar Rp 104  jutaan.

Kedua model ini juga dilengkapi dengan fasilitas cruise control dengan empat driving mode: Sport, Comfort, Eco, serta Rain. Ya, skuter mana punya teknologi macam begini? Pada jenis konvensional pun baru ada di seri flagship yang mahal banget gaes.


(Foto: instagram.com/kumpanelectric)

Selain itu keduanya juga dilengkapi Layar digital 7 inci dan bisa terkoneksi dengan gadget, otomatis semua informasi tersalin di layar handphone.

Dari mulai kecepatan, sisa jarak tempuh, konsumsi daya, serta semua hal terkait motor dicatat rapi di layar dan gawai, termasuk soal lokasi motor dan navigasi.

Dan kalau motor ini hilang, atau sedang dipinjam, secara real time pemilik dapat memonitor titik lokasi, berikut perilaku mengendara yang memakai.

Tak berlebihan jika kedua model skuter listrik ini disebut paling canggih deh di kelasnya

BACA JUGA: 

Skuter Listrik  Unu

Skuter listrik buatan pabrikan asal Jerman lain datang dari produsen Unu GmbH yang bermarkas di Munich, Jerman.

Produsen sepeda motor itu meluncurkan skuter listrik imut yang diberi nama Unu yang juga mirip dengan desain dari skuter ikonik asal Italia, Vespa dan model Lambretta.

Skuter listrik Unu
(Sumber: unumotors.com)

Karena Unu adalah skuter elektrik , maka mesin listriknya dihubungkan melalui roda belakang dan didukung leh baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang.

Skuter listrik ini kecepatannya dibatasi yakni hanya 28 mph dan bisa berjalan hingga 31 km dalam kondisi baterai penuh. Tapi jika baterai pertama habis, maka tersedia baterai cadangan.

Rangka skuter listrik ini di desain cukup kuat dengan mengunakan casing alumunium, baterai portabel yang beratnya hanya 17,4 pounds.

BACA JUGA: Hobi Modifikasi Motor itu Keren, Sayang!

Tersida pula tali untuk memudahkan ketika akan melakukan pengisian ulang dengan kapasitas 230V dan bisa penuh dalam waktu 5 jam saja.

Skuter listrik ini menggunakan kinetic-energy recovery system (KERS) yang sama digunakan di mobil Formula 1. Jadi setiap pengemudi menekan pedal rem maka baterai akan melakukan pengecasan sendiri.

Skuter elektrik ini memiliki bobot hanya 128 pounds atau lebih ringan dari Piaggio yang beratnya mencapai 130 pounds. Untuk harga skuter elektrik ini dijual 1.699 Euro atau US$ 2.300 atau setara dengan Rp 26,8 juta. (Sbg/Rig)

Comments