Sabigaju.com – Sejumlah negara di dunia yang mengandalkan kontribusi pariwisata pada pendapatan nasional memberikan subsidi kepada rakyatnya  untuk liburan di dalam negeri.

Pemberian subsidi ini dilakukan sebagai dorongan awal memutar roda pariwisata, sekaligus menyelamatkan pelaku usaha dari kebangkrutan.

Berikut beberapa negara di dunia yang memberikan subsidi kepada warganegaranya  untuk liburan.

BACA JUGA: Norwegia, Indahnya Bikin Kamu Lupa Pulang ke Rumah 

1. Belgia Berikan Subsidi Tiket Kereta Gratis

Pada 8 Juni, Belgia mengizinkan hampir semua usaha dibuka kembali, termasuk kafe dan bar. Demi mendorong pemulihan pariwisata, pemerintah akan membagikan 10 lembar tiket kereta untuk perjalanan domestik kepada setiap warganya.

Pemerintah belgia memberikan subsidi untuk rakyatnya berwisata
(Foto: Instagram.com/nathanwacht)

Mengingat populasi negara ini berjumlah 11 juta jiwa, subsidi itu menyedot anggaran negara sekitar €100 juta (Rp1,6 triliun). Dikutip dari Brussels Times, tiket gratis ini bisa digunakan dari Juli-Desember.

2. Thailand Subsidi: dengan Diskon Hotel dan Pesawat

Thailand, kini tengah berupaya memulihkan pariwisatanya dengan memacu liburan domestik. Pemerintah siap menggucurkan stimulus bagi warga lokal agar berpelisir tahun ini.

pemerintah Thailand memberikan subsidi untuk membangun kembali wisataa di negerinya
(Foto: Instagram.com/alexanderneimert)

Di tahap awal, pemerintah membiayai liburan 1,2 juta sukarelawan dan tenaga medis. Tahap kedua ialah memberi diskon 40 persen kamar hotel dengan plafon 3.000 baht (Rp1,3 juta) per malam.

Sementara untuk tahap terakhir, memberi subsidi tiket pesawat domestik untuk dua juta penumpang dengan nilai maksimum 1.000 baht (Rp500.000) per orang.

BACA JUGA: Kelowna Destinasi Incaran Para Pengguna Google 

3. Yunani Subsidi: Voucher Liburan

Lebih dari seperempat PDB Yunani bersumber dari pariwisata. Nah, negara ini melakukan terobosan agresif memulihkan pariwisatanya dari pandemi.

Hydra di Yunani. (Greek Travel)

Pemerintah Yunani akan membagikan voucher liburan senilai €120 atau sekitar Rp1,9 juta per orang.

Bantuan itu diberikan kepada sekitar 250.000 warga yang sudi berlibur di dalam negeri selama minimum empat malam.

Khusus warga kurang mampu, Jawatan Tenaga Kerja (OAED) akan meningkatkan anggaran social tourism voucher dari €10 juta menjadi €30 juta.

4. Jepang Kasih Diskon Biaya Trip

Akibat Pandemi Covid-19, Jepang gagal meraih dua target besar 2020: menggelar Olimpiade dan meraup 40 juta turis asing

pemerintah jepang juga memberikan subsidi pada rakyatnya untuk berwisata
(Foto: Instagram.com/mitsut830)

Agar pariwisata tak tenggelam kian dalam di sumur pandemi, Pemerintah Jepang meluncurkan inisiatif Go to Travel, semacam bantuan biaya perjalanan bagi pelancong domestik.

Nntinya lewat Kebijakan itu  Pemerintah Jepang akan memberi korting kebutuhan trip hingga ¥20.000 atau sekitar Rp2,6 juta per orang.

BACA JUGA: Kamu Harus Coba, Wisata Balon Udara Eksotis di Bagan 

5. Siprus Siapkan Layanan Gratis Biaya Pengobatan

Negara-pulau ini telah membuka bandaranya bagi penumpang internasional beberapa waktu lalu guna menghidupkan sektor wisata.

(Foto: Instagram.com/christosgeorgiou)

Selain memberikan subsidi kepada rakyatnya Pemerintah negara itu juga  teah mengaku siap menanggung biaya pengobatan bagi setiap tamu asing yang terjangkit Covid-19 saat berlibur, plus biaya hotel bagi keluarga dan kerabat si pasien selama karantina.

Terobosan berani itu diumumkan pemerintah Siprus dalam surat yang dilayangkan kepada para mitra di sektor pariwisata.

6. Islandia Sediakan Voucher Liburan

Islandia, mendapat pujian  dalam penanggulangan Covid-19. mereka juga  sudah membuka perbatasannya beberapa waktu lalu

(Foto: Instagram.com/alexfromiceland)

Namun,  berhubung turis asing masih minim, negara ini mendorong pariwisata domestik lewat jalan subsidi dengan membagikan voucher digital senilai 5.000 krona  atau senilai Rp517.000 per orang kepada sekitar 280.000 warganya.

Insentif ini telah direstui oleh EFTA Surveillance Authority (ESA), dengan syarat penerima voucher berusia minimum 18 tahun, memiliki KTP, dan berdomisili di Islandia.

BACA JUGA: Yuk Jajalin Wisata Vietnam Usai Pandemi Nanti 

7. Singapura

Subsidi Liburan juga  diberikan oleh Pemerintah kepada warga Singapura yang berusia di atas 18 tahun. Mereka mendapat voucher liburan senilai 100 dolar Singapura atau sekitar Rp 1 juta.

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Chan Chun Sing mengatakan, langkah tersebut diambil guna menggairahkan kembali industri pariwisata yang telah terpukul oleh pandemi Covid-19.

(Foto: Instagram.com/visit_singapore)

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Chan Chun Sing mengatakan, langkah tersebut diambil guna menggairahkan kembali industri pariwisata yang telah terpukul oleh pandemi Covid-19.

Ssemoga pandemi bisa segera berlalu yah gaes, agar para jagat wisata  didunia ini dapat kembali bergerak.

Comments