photo : skordewa

Sabigaju.com – Derby Manchester 2017 diwarnai dengan blunder dari kedua belah tim kota Manchester ini, United menjadi tuan rumah di pertandingan derby kali ini.

Dengan membuat rekor 40 pertandingan kandang dan tak terkalahkan di semua kompetisi. Manchester United dengan kemenangan 2-1 tengah pekan lalu melawan CSKA Moscow, United sudah mengamankan posisi teratas di grup A Liga Champions.

Gol Pertama

Pertandingan ini bergulir dengan berat sebelah, di 30 menit awal saja ball possession tercatat 79,2% milik Manchester City. Gol pertama yang ditunggu tunggu terjadi, pada menit ke 43 David Silva menempatkan City di depan. Diawali dengan tendangan pojok yang dilakukan oleh De Bruyne, Lukaku membantu pertahanan dengan mencoba mengawal Sane di kotak penalti. Namun naas bagi Lukaku, striker asal Belgia ini hanya menyenggol bola yang datang dan malah mengarahkannya ke posisi David Silva berada. Gol! Manchester United 0 dan Manchester City 1.

Gol Kedua

Di menit 45 ball possession tercatat 23,5% milik Manchester United, para pemain United menangkap gol tersebut dengan baik. Terbukti di menit 45+2 Marcus Rashford memberikan tuan rumah gol penyeimbang, diawali oleh Delph yang gagal mengantisipasi bola datang lalu striker muda United memanfaatkannya dengan tetap tenang melewati Ederson yang sedang maju. Gol! Manchester United 1 dan Manchester City 1.

Gol Ketiga

Di menit 54 Manchester City kembali meninggalkan Manchester United, melalui Nicolas Otamendi yang menciptakan gol dengan bantuan besar dari Lukaku kembali. David Silva melambungkan bola melalui tendangan bebas yang seharusnya sangat mudah bagi Lukaku untuk membuangnya dan mengamankan gawang De Gea dari serbuan pasukan Manchester City, namun yang terjadi adalah sebaliknya.

Tendangan Lukaku malah mengenai pemain Manchester United yang mengantarkan bola tersebut ke arah Nicolas Otamendi yang bebas tidak terkawal, lalu menyelesaikannya dengan cerdas dari jarak dekat. Gol! Manchester United 1 dan Manchester City 2.

Skor ini bertahan hingga akhir pertandingan, bahkan masuknya Zlatan Ibrahimovic dan Juan Mata tidak mampu merubah posisi ketertinggalan ini. Di menit 90 ball possession tercatat 65% milik Manchester City, dan dalam pertandingan ini wasit harus mengeluarkan 4 kartu kuning.

Dengan hasil ini, maka Manchester City kokoh di puncak klasemen sementara dengan 46 poin. Dan lalu disusul oleh Manchester United dengan 35 poin, Chelsea di posisi ketiga dan Liverpool di posisi keempat. (Sbg/Frd)

Comments