PHK Massal bisa menyebabkan depresi ataupun stress
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Publik dan Netizen kini tengah ramai memperbincangkan langkah Perusahan operator seluler PT. Indosat Tbk ( Indosat Ooredoo) yang melakukan pemutusan hubungan kerja alias PHK massal kepada sebanyak 677 karyawan sebagai upaya perubahan organisasi agar bisnis lebih lincah dan berfokus kepada kebutuhan pelanggan.

PHK massal tentunya bukanlah masalah sepele. Tak mengherankan jika stres karena PHK kerap dialami oleh para karyawan. Ada yang mengalaminya dalam kondisi ringan, tetapi ada pula yang kondisinya tergolong berat.

Bagi sebagian orang, diberhentikan dari perusahaan bahkan bisa menjadi trauma tersendiri. Harus diakui bahwa kehilangan pekerjaan merupakan hal yang sulit diterima. Terlebih lagi, jika kamu sudah mengabdi bertahun-tahun di perusahaan tersebut.

Keputusan perusahaan untuk melakukan PHK Massal, bagi sebagian besar pegawai yang mengalaminya  dapat memicu krisis kepribadian seumur hidup.

Dalam banyak kasus, pegawai yang mengalami PHK Massal  tersebut mulai kehilangan fokus, mudah marah, sering ketakutan dan panik.

Hal ini disebabkan karena kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Biasanya emosi mengalahkan logikamu saat tengah berada dalam kondisi depresi.

Nah ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan diri pasca mengalami PHK massal. Berikut empat cara atasi depresi setelah diberhentikan bekerja:

BACA JUGA: Jangan Stres Saat Menjalani Fase Sarjana Pengangguran

1. Jujur dengan Perasaan sendiri

Dikeluarkan dari perusahaan akan membuat dirimu merasa sakit hati, takut dan rendah diri. Daripada menyembunyikan perasaan tersebut, mengungkapkannya akan terasa lebih baik.

Langkah ini bisa berdampak dalam jangka panjang untuk mengatasi depresi yang menimpamu. Setelah itu, mulailah kenali masalahnya dan upayakan untuk menyelesaikannya.

2. Jangan Salahkan Diri Sendiri

Berhenti mengkritisi diri sendiri merupakan salah satu cara paling ampuh yang harus dilakukan saat dirimu dipecat

Jika kamu terus menerus menyalahkan diri sendiri dibanding memperbaiki kesalahan tersebut, maka pikiranmu hanya akan dipenuhi banyak bayangan negatif.

Setiap kali perasaan tersebut tumbuh, tantanglah dirimu untuk mengatasinya.

BACA JUGA: Lakukan Ini saat Teman Dipecat dari Pekerjaannya 

3. Keluarkan Amarah

Saat kamu mengalami PHK massal baiknya kamu melepaskan kemarahan dan rasa frustasi dengan cara yang lebih konstruktif.

Kamu bisa memperbanyak olahraga seperti jogging, renang atau membaca buku ataupun menonton film.

BACA JUGA: Ternyata, Dipecat Bukan Berarti Kiamat! 

4. Minta Bantuan Ahli

Pasca mengalami PHK massal, coba dekatkan dirimu dengan keluarga, teman dan rekan kerja yang bisa membantumu mengatasi masa-masa sulit. Dengan begitu, mood Anda pun akan kembali membaik.

Namun, jika kamu melihat adanya tanda-tanda depresi atau gejala lainnya, mulailah berkonsultasi dengan psikolog.

Ingat PHK Massal bukanlah kiamat atau akhir dari segalanya. (Sbg/Rig)

Comments