Post-Sex Blues
(Foto: Dolgachov)

Sabigaju.com – Begitu banyak saran dan nasehat kepada kaum pria agar rutin melakukan aktifitas bercinta agar suasana hati gembira dan melanggengkan hubungan dengan pasangan.

Namun rupanya tak sedikit pria yang merasakan post-sex blues atau kondisi sedih bahkan stress hingga depresi usai bercinta dengan pasangannya.

Apa yang membuat pria bisa mengalami kondisi post-sex blues demikian?

BACA JUGA:

 

Penyebab Post-Sex Blues

Sebuah riset terbaru yang dilakukan oleh Queensland University of Technology (QUT), Australia,menemukan sebuah fakta mengejutkan terkait hubungan pria dan pasca aktifitas bercinta dengan pasangan.

Lewat studi yang diterbitkan secara online dalam Journal of Sex & Marital Therapy ini mengungkap bahwa pria bisa sangat sedih, mellow, menangis, bahkan depresi setelah melakukan hubungan intim.

Joel Maczkowiack dan Robert Schweizter, peneliti dari Sekolah Psikologi dan Konseling QUT mengatakan, sindrom itu disebut postcoital dysphoria  alias post-sex blues.

“Jika pria depresi setelah melakukan aktivitas seksual, jangan dianggap remeh,” tulis Maczkowiack dan Schweitzer dalam studi berjudul Postcoital Dysphoria: Prevalence and Correlates among Males.

Sebab, tulis para peneliti, hal tersebut berpotensi menimbulkan konflik pada sebuah hubungan. Seperti dilansir dari laman Science Daily, Maczkowiack mengatakan bahwa jumlah pria yang mengalami sindrom ini cukup tinggi.

Post-sex blues bisa muncul bersumber dari kombinasi berbagai faktor; semisal faktor genetik, biologis tubuh, dan kondisi psikologis itu sendiri dari orang tersebut.

Seorang terapis seks sekaligus konselor, Denies Knowles, berpendapat bahwa kemunculan stres bisa saja terjadi karena berbagai hormon tubuh naik turun tidak menentu saat berhubungan seks yang memengaruhi bagian otak pengatur reaksi emosional.

Upaya mengatasi Post-Sex Blues

Nah, apabila kamu merasa post-sex blues , baiknya kamu minta waktu menyendiri pada pasangan jika ingin.

Kamu pun gag perlu ribet untuk langsung menjelaskan apa alasannya, karena kamu sendiri mungkin tidak tahu mengapa dirimu merasa kewalahan.

Atur napas perlahan dan kosongkan pikiran sejenak. Bayangkan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia.

Barulah ketika perasaanmu mulai tenang,kamu bisa katakan padanya bahwa kamu merasa tidak nyaman bukan karena pasanganmu berbuat kesalahan atau melakukan hal yang tidak kamu sukai saat bercinta tadi.

Dengan keterbukaan, pasanganmu juga jadi lebih tenang. Apa lagi jika kamu meminta pelukan darinya untuk menenangkan diri. (Sbg/Rig)

Comments