Mocca
selama hampir 20 tahun Mocca memainkan style musik yang terinspirasi dari musik retro tahun 70-an dengan improvisasi swing, bossa nova, Swedish pop, dan jazz.(Foto: Instagram moccaofficial)

Sabigaju.com – Musik indie gak melulu mengusung musik keras ataupun cadas. Hal ini bisa kamu lihat dai bagaimana Mocca yang dengan apik meracik pop bersanding dengan swing, jazz.

Yup, Mocca yang personilnya terdiri dari Riko Prayitno sebagai gitaris, Indra Massad sebagai durummer, Achmad sebagai bassis dan Arina Ephipania sebagai vokalis dan flute, selama hampir 20 tahun memainkan style musik yang terinspirasi dari musik retro tahun 70-an dengan improvisasi swing, bossa nova, Swedish pop, dan jazz.

Mengawali karir dengan panggung-panggung kecil, dari acara kampus hingga kini telah menjelma dan menjadi band yang bisa mengirimkan lagu-lagu hingga di telinga dan hati para penggemarnya selama hingga 19 tahun.

Awal Terbentuk

Mocca pertama kali muncul dalam kompilasi Delicatessen pada tahun 2002. Aksi mereka mampu merebut hati penggemarnya.

Dan satu tahun setelah itu mereka mengeluarkan debut album perdana yakni “My Diary” dengan label indie “FFWD”.

Mocca
(Foto: Instagram moccaofficial)

Setelah pertama kali dikeluarkan, album ini melejit di pasaran. Lagu-lagunya pun seperti “Me and My Boyfriend” dan “Secret Admirer” menjadi hits dimana-mana.

Dengan prestasi dan kesuksesan yang telah diraih oleh Mocca tentunya kita harus merasa bangga, karena mereka menjadi salah satu duta musik Indonesia yang berhasil dikenal oleh masyarakat mancanegara.

Mocca Bicara Soal Pentingnya Perbedaan

Grup musik Mocca memilih untuk tak menerima tawaran manggung dalam acara kampanye.

Hal tersebut lantaran grup musik Indie  ini ingin menunjukkan sikap netral dan tidak memihak. Meski tak menerima job kampanye, namun bandi ini rupanya mendukung menggerakan minat penggunaan hak pilih.

Menurut mereka, menggunakan hak pilih sendiri merupakan sebuah langkah sederhana untuk berkontribusi dalam kesejahteraan negara.

Mocca
(Foto: Instagram moccaofficial)

Nah belum lama ini Mocca meluncurkan karya terbaru mereka dengan merilis sebuah single berjudul Aku dan Kamu.

Menurut Mocca, single tersebut dikeluarkan dalam suasana menjelang pesta pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019 mendatang.

Hal tersebut lantaran tema lagu ini bersifat perbedaan seperti pilihan rakyat Indonesia terhadap pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

Single ini juga mengingatkan agar pemuda tidak perlu harus sampai berantem karena beda pendapat. mereka mengingatkan kalau perbedaan itu indah dan Indonesia terdiri dari perbedaan,

Tenar di Korea

Mocca yang punya sebutan bagi fans nya Swinging Friends ini tidak menyangka jika tanggapan masyarakat Korsel begitu bagus.

Album-album Mocca juga dirilis di negara lain, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Jepang, Taiwan, Hongkong, dan Filipina.

Nah kamu mesti tahu kalau ada lagu-lagu Mocca sudah mendapat tempat di hati dan tenar di Korea. Lagu Mocca yang paling tenar di Korea berjudul “Happy” dan “I Remember”.

Untuk lagu lagu Happy seakan menjadi lagu wajib untuk perpisahan anak TK di Korea. Gag cuma itu, lagu “Happy” ini juga digunakan untuk salah satu iklan produk Korea.

Mocca
(Foto: Instagram moccaofficial)

Tidak tanggung-tanggung, 7 iklan perusahaan di Korea sepakat menggunakan lagu-lagu dari band ini sebagai soundtrack. Salah satunya lagu “Happy”.

Mulai dari iklan oli, departement store, penerbangan, hingga air conditioner juga menggunakan lagu dari pengusung indie ini.

Bahkan Lagu “Happy” dari band ini juga pernah dinyanyikan oleh artis-artis Korea. Salah satunya ialah AKMU.

Nah, ini seharusnya menjadi pemicu bagi band lokal lainnya untuk go international dan menularkan budaya musik Indonesia ke kancah dunia. Kalo K-Pop aja bisa ke sini, ya kita harus invasi sambil bawa musik kindie kita ke Korea. Setuju! (Sbg/Rig)

Comments