PlayStation Classic
PlayStation Classic memiliki dimensi bodi 149x103x33 mm, sehingga terasa sangat mungil dalam genggaman satu tangan. (Foto: PlayStation.com)

Sabigaju.com – Sony baru saja mengumumkan secara resmi akan merilis perangkat bernama PlayStation Classic yang hadir dalam 45 persen lebih kecil dari tampilan PlayStation 1, namun dengan tampilan yang serupa.

Dirilisnya PlayStation Classic ini sepertinya tak lepas untuk menyambut datangnya event game terbesar di Jepang yakni Tokyo Game Show pada tanggal 20 Р23 September mendatang, yang digelar di Makuhari Messe, Chiba, tersebut.

Pihak Sony mengumumkan akan mulai menjual PlayStation Classic pada bulan Desember nanti dengan harga sekitar Rp1,8 juta dalam jumlah yang terbatas.

Lantas, apa saja keunggulan dari PlayStation teranyar tersebut ya, Sob?

Bedah Perangkat Playstation Classic

Sony mengumumkan akan mulai menjual PlayStation Classic pada bulan Desember nanti dengan harga sekitar Rp1,8 juta dalam jumlah yang terbatas. (Foto: PlayStation.com)
Sony mengumumkan akan mulai menjual PlayStation Classic pada bulan Desember nanti dengan harga sekitar Rp1,8 juta dalam jumlah yang terbatas. (Foto: PlayStation.com)

Dirilisnya Playstation Classic tak lepas dari kesukses dilakukan oleh Nintendo, yaitu merilis versi mini dari konsol klasik mereka yakni NES Classic dan SNES Classic.

Hingga saat debutnya pada tahun 1994, Playstation yang akrab disebut PS itu masih bertahan hingga kini dengan berbagai variannya.

Mulai dari PS 1, PS 2, PSP, PS3, hingga PS 4 sukses membuat banyak penggemar game tertarik untuk memilikinya.

Nah, PlayStation ini memiliki dimensi bodi 149x103x33 mm dan bobotnya sendiri tanpa terhubung kontroler hanya sekitar 140 gram, sehingga terasa sangat mungil dalam genggaman satu tangan.

Perbandingan antara PlayStation Classic dengan PlayStation 1 (Foto: PlayStation.com)
Perbandingan antara PlayStation Classic dengan PlayStation 1 (Foto: PlayStation.com)

Perbedaannya, di dalamnya sudah tersedia emulator beserta 20 game generasi PlayStation pertama yang bisa langsung dimainkan.

Pihak Sony sendiri menyebutkan game Final Fantasy VII, Jumping Flash, Ridge Racer Type 4, Tekken 3, and Wild Arms dipastikan hadir.

Pada bagian belakang PlayStation ini akan tersedia beberapa port seperti port HDMI dan port USB. Sementara di bagian depan yakni lubang port kontroler akan disediakan port USB untuk menghubungkan dua kontroler ala PlayStation generasi awal.

Dalam paket ini, pembeli juga akan mendapatkan 2 joystick sebagai pendamping konsol utamanya.

PlayStation Classic Memuat 20 Game PreLoaded Game

Nantinya dalam Konsol mini Playstation ini akan berisi 20 preloaded game, beberapa di antaranya adalah Final Fantasy VII, Jumping Flash!, R4 Ridge Racer Type 4, Tekken 3, dan Wild Arms.

Untuk game lainnya, akan diumumkan lebih lanjut, dengan judul yang kemungkinan akan berbeda-beda untuk setiap region. Yang aneh di sini adalah tiadanya adaptor AC yang tersedia bersama paketnya.

Konsol ini hanya menyediakan seutas kabel USB untuk disambungkan ke adaptor yang terjual secara umum.

Sebuah langkah yang menarik dari Sony. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya? (Sbg/Rig)

Comments