Instrumen Gitar
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Instrumen gitar merupakan alat music yang cukup populer dikenal masyarakat. Rasanya kurang lengkap jika saat nongkrong ataupun dalam permai pertunjukan sebuah band-tanpa diiringi dengan alunan nada instrumen gitar.

Instrumen Gitar termasuk salah satu alat musik yang mudah dipelajari dan terbilang murah.

Ada dua jenis Tipe instrumen gitar, yaitu gitar akustik dan electric.Gitar akustik dibuat dari bahan jenis kayu, sedangkan gitar electric dibuat dari campuran kayu dengan bahan material elektrik untuk dimainkan dengan bantuan sound system.

Nah memainkan instrumen gitar bukan hanya bermanfaat untuk menghibur diri semata namun juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Berikut ulasannya.

Meningkatkan Kinerja Otak

Para ahli Skotlandia meneliti manfaat yang di dapat dari bermain gitar. Hingga mereka menemukan bawah dengan bermain gitar mampu membuat fungsi otak semakin berkembang, seperti manfaat bermain catur.

Hal ini baik untuk anak muda, yang masih dalam tahap pertumbuhan. Dengan bermain gitar selagi dalam masa pertumbuhan fisik akan baik untuk perkembangan kemampuan berpikirmu.

BACA JUGA: Segudang Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

Mengurangi Stres

Saat kamu sedang pusing karena pekerjaan ataupun lantaran datangnya bejibun tagihan bulanan, ambillah gitar lalu mainkan. Hal itu karena bisa melepaskan stres.

Sebuah penelitian dari Mind-Body Wellness Center dan Loma Linda University School of Medicine menemukan, stres bisa dikurangi dengan memainkan instrumen. Lewat gerakan permainan gitar ternyata bisa membalikan sistem respons tubuhmu terhadap tekanan stres.

BACA JUGA: Pria yang Memiliki Hobi Musik Lebih Disukai Oleh Wanita 

Menguatkan Jantung

Dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan di Belanda menemukan, pasien yang bermain musik lebih dari 100 menit sehari menunjukkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah dan detak jantung dibanding yang tidak. Tiga orang yang melakukan tes ternyata adalah gitaris.

Membantu Mengatasi Nyeri

Jika kamu hidup dengan sakit kronis, ambilah instrumen gitar dan mainkan. Menurut penelitian di University of Utah, mendengarkan musik baik itu dengan memainkan sendiri bisa mengalihkan pikiranmu sehingga mengurangi nyeri.

BACA JUGA: Musik Ternyata Bikin Performa Olahraga Makin Yahuuud 

Mirip dengan Kenikmatan Bercinta

Menurut penelitian di ilmu syaraf di McGill University, mendengar musik memicu pelepasan dopamin di otak, bahan kimia yang sama yang dilepaskan ketika melakukan aktivitas bercinta.

Kamu cukup mengambil istrumen gitar dan memainkannya. Ini bisa membuat mu merasa lebih baik.  Yuk genjrengan hari ini (Sbg/Rig)

Comments