Hobi Memotret
(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Hadirnya media sosial Instagram seakan menjadi surga bagi para cowok yang punya hobi memotret dan mengunggahnya di media sosial tersebut
setiap hari ada jutaan foto terbaru yang diunggah dan beri tagar.

Yup,Instagram tak ubahnya etalase digital bagi masyarakat modern. Bagi yang hobi memotret, Mereka membagikan aktivitas sehari-hari, momen berharga, hingga karya seni.

Nah kamu harus tahu nih kalau ternyata hobi memotret itu juga bermanfaat baik. untuk kesehatan kita. Berikut ulasannya

BACA JUGA: Belajar Fotografi dengan Kamera Stylish ini

Hobi Memotret dan Kesehatan Manusia

Lewat sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Liz Brewster dari University of Lancaster dan Dr. Andrew Cox dari Sheffield University menemukan bahwa hobi memotret setiap hari meningkatkan kesejahteraan seseorang.

Pasalnya lewat foto mereka juga memperhatikan diri, berinteraksi dengan komunitas, dan berpotensi untuk memiliki sebuah kenangan

Bukan cuma itu, momen dalam memotret yakni saat seseorang mengambil waktu sejenak untuk memusatkan perhatian dan mencari sesuatu yang berbeda atau tidak biasa juga dilihat sebagai nilai positif dan bermanfaat dari memotret.

Hobi memotret keseharian juga dapat membuat seseorang makin giat berlatih. Pada akhirnya ini memberi semacam tujuan yang mengasah kompetensi, dan akhirnya membuahkan pencapaian.

BACA JUGA: Guys, Nih Tips Buat Kamu yang Ingin Mendapatkan Foto Selfie yang Keren 

Caption Foto Tak Kalah Penting

Para peneliti melacak gambar yang diunggah peserta secara daring, termasuk teks dan interaksi yang menyertainya dengan orang lain, selama dua bulan.

Teks pada foto digunakan untuk memberikan narasi pribadi, bisa menceritakan kenangan, atau berupa penjelasan dari foto yang berulang.

Kontak daring membantu orang untuk mengelola kesepian dan kedukaan serta bertemu orang-orang baru dengan minat yang sama.

Para peneliti mengatakan praktik memotret setiap hari ini merupakan “proses aktif pembentukan makna, di mana konsep baru tentang kesejahteraan muncul.”

BACA JUGA: Benarkah Pekerja Kreatif Rentan Terkena Gangguan Mental?

Kesehatan Mental

Para peneliti mendokumentasikan foto apa saja yang mereka ambil, teks yang ditulis, serta bagaimana partisipan berinteraksi dengan pengikutnya selama dua bulan. Partisipan juga melakukan wawancara telepon setelahnya.

Studi ini menemukan fakta bahwa mengambil foto setiap hari bisa dikategorikan sebagai salah satu upaya merawat diri.

Sebab, partisipan melakukan aktivitas fisik lebih banyak, terhubung dengan lingkungannya, serta memiliki tujuan, kompetensi dan pencapaian hidup.

Para partisipan juga merasakan manfaat kesejahteraan mental melalui “memori”. Foto-foto yang mereka ambil setiap hari ini, nantinya bisa menjadi kenang-kenangan dan refleksi hidup.

Tunggu apalagi, ayo motret sekarang juga! (Sbg/Rig)

Comments