Sagu baik untuk kesehatan manusia
(Foto:lasegar.com)

Sabigaju.com – Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yag bisa menjadi bahan sumber pangan salah satunya adalah sagu. Namun sayangny orang Indonesia masih kurang menyadari betapa kuliner sagu itu baik untuk di konsumsi.

Saat diolah menjadi makanan pengganti nasi  sagu umumnya berbentuk seperti bubur lem berwarna pekat putih yang kental. Rasanya? Agak hambar dan tawar  Namun, sagu memiliki kandungan positif yang dapat mendukung pola makan sehat masyarakat Indonesia.

Nah kali ini Sabigaju.com  mau kasih beraam manfaat yang bsa kiita dapatkan bila rutin mengosumsi kuliner Sagu:

BACA JUGA: Nasi Putih Nggak Perlu Dimakan Tiap Hari! 

1. Mengandung Antioksidan

Sagu mengandung antioksidan yang bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya di tubuh seperti kanker dan penyakit jantung.

Selain itu, antioksidan juga akan membantu tubuh melawan paparan radikal bebas berlebih, yang berpotensi menyebabkan penuaan dini hingga kerusakan sel-sel saraf di otak.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Melalui penelitian yang dilakukan pada hewan uji, sagu terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di tubuh hewan tersebut.

Manfaat kuliner sagu ini bisa didapatkan berkat kandungan amilase di dalamnya.

Seperti yang kita tahu, tingginya kadar kolesterol dan trigliserida di tubuh merupakan dua faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung..

BACA JUGA: Bikin Obesitas Hingga Kanker Paru-Paru? Yuk, Kurangi Makan Nasi 

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Di dalam kuliner sagu, terdapat sedikit kandungan zat besi, kalsium, dan tembaga.

Mineral-mineral tersebut dibutuhkan untuk pembentukan jaringan tulang dan membuat tulang menjadi lebih padat, sehingga menurunkan risiko terjadinya osteoporosis dan mencegah peradangan di tubuh.

4. Mencegah Kanker Usus

Rutin mengkonsumsi kuliner sagu secara baik ternyata membantu tubuh terserang dari kanker usus.

Hal ini dikarenakan sari pati sagu mempunyai sifat resisten terhadap enzim dan mikrobia, ini karena tidak tercerana oleh usus halus, melainkan difermentasi oleh bakteri di kolon.

BACA JUGA: Kuliner Serangga, Santapan Masyarakat Dunia Di Masa Depan 

5. Terhindar Darah Tinggi

Bagi para ahli berpendapat kuliner sagu memiliki kandungan serat dan mineral fosfor yang mampu menstabilkan kadar glukosa yang ada pada gula dalam darah.

Terlebih kandungan serat dalam sagu mampu menghambat peningkatan glukosa yang terjadi dalam darah, sehingga glukosa tidak membentuk Kristal yang menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah.

6. Aman Bagi Penderita Diabetes

Kuliner Sagu memiliki kadar karbohidrat cukup tinggi, rendah gula dan lemak sehingga cocok jadi pilihan pengganti nasi putih yang tepat untuk penderita diabetes.

Makanan dengan indeks glikemik yang rendah memang bagus untuk penderita diabetes, karena bisa menjaga kadar gula darah.

BACA JUGA: Makan Ikan Masih Minim di Negeri Maritim

7. Baik untuk Pencernaan

Tidak hanya bisa memberi tambahan energi untuk tubuh, sagu juga bisa berperan baik untuk sistem pencernaan kita.

Tidak hanya bisa memberi tambahan energi untuk tubuh, sagu juga bisa berperan baik untuk sistem pencernaan kita.

Kuliner sagu bisa meningkatkan produksi enzim pencernaan. Sagu juga punya efek menenangkan dan mendinginkan perut.

Karena itu sagu bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah pencernaan. Misalnya, perut kembung, maag, sembelit, bahkan asam lambung, dan masalah pencernaan lainnya.

Mengingat besarnya manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi kuliner sagu, sepertinya kita harus mulai mengganti nasi sebagai makanan pokok (Sbg.Rig)

Comments