mitos diet

Sabigaju.com – Banyak sekali orang yang ingin menurunkan berat badan dan salah mengartikan diet. Mereka menganggap diet itu mengurangi porsi makan. Padahal, arti kata diet itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan.

Ada berbagai jenis diet yang bisa dicoba, tapi disarankan sebelum Anda menerapkannya, konsultasikan dulu dengan dokter atau orang yang benar-benar ahli agar tidak hanya fokus pada tujuan menurunkan berat badan tapi juga pemenuhan nutrisi. Yang jelas, jangan percaya pada mitos seperti ini:

Delapan Mitos Diet dan Penjelasannya

Tidak perlu sarapan dan makan malam biar tetap kurus

Justru sarapan itu penting agar stamina terjaga dan Anda tidak merasa kelaparan sebelum jam makan siang, dan akhirnya berisiko membuat Anda makan lebih banyak atau mengonsumsi camilan yang belum tentu sehat. Tentang makan malam, sebenarnya itu juga bukan pantangan. Saat diet Anda tetap diperbolehkan makan malam asal setelahnya Anda tidak langsung tidur. Berikan rentang waktu minimal 4 jam antara makan malam terakhir Anda sampai waktu Anda tidur.

Hindari lemak

Faktanya tubuh Anda butuh lemak untuk memproduksi energi. Jadi, Anda tetap harus dapat asupan lemak saat menjalani program diet. Pastikan saja lemak yang Anda konsumsi berasal dari sumber yang sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian.

Olahraga sebanyak-banyaknya

Sebaiknya Anda lebih mengedepankan kualitas daripada kuantitas. Tidak perlu mengejar perubahan yang ekstrem, yang penting lakukan secara bertahap dan konstan. Jika Anda melakukan olahraga khusus seperti gym, baiknya Anda didampingi oleh personal trainer.

Minum air putih yang banyak biar kurus

Manfaat dari banyak mengonsumsi air putih hanya akan terasa secara maksimal jika disertai dengan perubahan gaya hidup secara menyeluruh, seperti olahraga teratur dan menjaga pola makan tetap sehat. Jika hanya minum air putih saja, apalagi sampai tidak makan yang lainnya, asupan bagi tubuh Anda bisa jadi tidak seimbang.

Pantang karbohidrat

Salah besar! Jangan salahkan zatnya, tapi porsinya. Selama Ada makan dalam porsi yang cukup, karbohidrat tidak akan membuat Anda gemuk.

Sengaja menahan lapar

Menahan lapar itu justru membuat Anda makan semakin banyak, karena kemungkinan Anda tidak akan bertahan lama dengan rasa lapar itu. Menahan lapar karena tidak mengonsumsi cukup makanan berisiko membuat tubuh Anda kekurangan gizi.

Hilangkan kebiasaan ngemil

Yang bikin lemak bertumpuk di badan Anda itu bukan kegiatan ngemilnya, tapi jenis camilan yang Anda makan. Camilan di sela-sela waktu makan utama tetap diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi. Tapi daripada makan camilan seperti keripik atau coklat, lebih baik pilih buah-buahan.

Jangan makan yang manis-manis

Justru, Anda perlu makan yang manis-manis untuk membantu diet Anda. Makanan manis bisa mengurangi nafsu makan, jadi coba deh Anda makan makanan manis sebelum makan berat.

Jangan sampai Anda menyalahartikan diet dan malah membuat tubuh Anda tersiksa. Jika memang ingin mengatur pola makan, carilah informasi sebanyak-banyaknya dari sumber yang dapat dipercaya seperti jurnal kesehatan, atau konsultasikan langsung dengan dokter. Pilih yang paling dengan kondisi tubuh dan kebutuhan Anda. (Sbg/Ftr)

Comments