Sering Merasa Lapar
Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang sering merasa lapar. (Foto: Youtube Nikocado Avocado)

Sabigaju.com – Pernah enggak kamu sering merasa lapar? Tenang, Sob. Kamu enggak sendiri. Tapi ternyata nih, ada faktor pemicu yang sering bikin kamu sering merasa lapar meski sudah makan cukup banyak.

Bukan, bukan. Alasannya bukan selalu kamu terlalu gembil sehingga maunya makan terus. Beberapa sebab dipicu karena masalah medis, misal hipertiroid. Ada juga karena masalah psikis seperti stres.

Coba ditelaah, kamu karena apa?

BACA JUGA:

 

1. Tak Cukup Tidur

Menurut sebuah asosiasi jantung di Amerika, kurang tidur memicu peningkatan hormon lapar kamu, yakni leptin.

Sering Merasa Lapar
(Foto: Pexels)

Makin sering kamu kurang tidur, maka hormon leptinkamu akan semakin meningkat. Tentu dong, kamu akan makin sering merasa lapar.

Cobalah untuk tidur yang cukup, 7 jam perhari. Jika memang sulit, coba kurangi screens time di atas tempat tidur. Pasalnya sih, itu yang sering bikin kamu sulit untuk dapat tidur yang berkualitas.

2. Memulai Hari dengan Minuman

Katanya nih Sob, minum susu atau fruit shakes sebagai makanan pertama kamu justru akan bikin kamu sering merasa lapar.

Sering Merasa Lapar
(Foto: Pexels)

Blending foods macam ini akan membuat tubuh lebih cepat mengikis serat sehingga kemudian kamu akan cepat lapar lagi.

Jadi lebih baik, kamu mengunyah makan pagimu. Sebab ada hormon yang membuat kamu cepat kenyang, Sob.

3. Terlalu Sibuk

Sering Merasa Lapar
(Foto: Unsplash)

Kegiatan yang menumpuk membuat kamu akhirnya lupa makan. Makan yang benar-benar makan ya. Kamu hanya mengonsumsi makanan seadanya, instan, atau bahkan melewati waktu makan kamu. Padahal kesibukan menghabiskan energimu nih.

Oleh sebab itu, kamu perlu set waktu untuk makan berkualitas dan bergizi. Kesehatan nomor satu ya!

4. Too Much Fructose

Sering Merasa Lapar
(Foto: Pexels)

Fructose, alias fruktosa! Fruktosa ini bisa kamu dapatkan diminuman bersoda, ice tea, atau minuman dengan gula sintetis.

Fruktosa ini memblok sinyak otak terhadap peningkatan hormon leptin, Sob. Otak kamu dimanipulasi. Itu sebabnya kamu sering merasa lapar walau barusan sudah makan sebaskom nasi.

5. Makanan mengandung BPA

Menurut sebuah studi, makanan kemasan mengandung banyak bisphenol-A atau BPA. BPA dengan jumlah rendah memang aman dikonsumsi, namun akan meningkatkan hormin leptin kamu nih. Jika sudah demikian, berat badan bisa naik deh.

6. Dehidrasi

Sering Merasa Lapar
(Foto: Pexels)

Siapa sangka, jika kamu kurang minun air putih maka kamu justru akan terus merasa lapar. Hipotelamus, salah satu bagian otak, akan terus mengirim sinyal yang mengecoh bahwa kamu kehausan atau kelaparan.

Nah ketika kamu super haus, bisa jadi kamu malah jadi sering merasa lapar.

Jadi, coba dulu minum air ketika merasa lapar. Tapi jika memang masih merasa lapar, ya artinya kamu memang kurang makan, Sob.

7. Stres

Sering Merasa Lapar
(Foto: Goodcall.com)

Stres memicu hormon kortisol, sebuah hormon yang bisa membuat kamu sering merasa lapar dan ingin terus makan makanan gula, garam atau makanan yang bisa meningkatkan berat badanmu secara instan.

Jika memang demikian, kamu harus tetap makan sehat ya.

8. Kebanyakan Nonton Food Porn

Coba deh kurangi menonton konten makanan yang menggiurkan. Unfollow akun Instagram yang bikin kamu ngiler sama makanannya.

Sering Merasa Lapar
(Foto: npr.org)

Karena ada sebuah studi yang mengatakan bahwa seseorang akan cenderung merasa lapar jika terus menonton sebuah gambar makanan. Hmmm, harus rela ya!

Gimana, Sob? Bener enggak ulasan di atas? Kalau penyebab tersebut kamu alami juga, maka kamu sudah mulai harus mengubah pola hidup ya. (Sbg/Dinda)

Comments