Sabigaju.com – Para Apple fanboy dari berbagai penjuru dunia begitu antusias mengikuti ajang Apple Event 2020 yang telah telah digelar pada Rabu (16/9/2020) dini hari tadi.

Sayangnya, para Apple Fanboy sendiri tidak bisa menyaksikan momen pelucuran iPhone 12 yang ditunda tahun ini.Padahal, banyak pihak yang mengira dan menanti produk andalan dari perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut adalah iPhone 12.

Hal ini sendiri bagi para Apple Fanboy dianggap sebagai sesuatu yang tidak biasa. Sebab, Apple selalu mengumumkan iPhone baru setiap September sejak 2012 lalu.

Untuk mengobati kekecewaan, Apple merilis Apple Watch Series 6, Apple Watch SE, Apple iPad Air 2020, dan iPad generasi ke-8. Nah berikut sederet oleh-oleh buat para Apple Fanboy dari ajang Apple Event 2020:

BACA JUGA: Langkah Produsen Mobil Adopsi Teknologi NASA 

1. Apple iPad Air 2020

Nah buat para Apple Fanboy, Apple menghadirkan desain iPad Air, yang diklaim lebih segar dengan performa lebih baik, meski terinspirasi dari lini iPad Pro.

Tablet ini hadir dengan bezel layar berukuran lebih kecil yang membingkai layar Liquid Retina berukuran 10,9 inci beresolusi 2360×1640 piksel.

Selain itu, fitur TouchID di iPad Air juga terintegrasi di tombol daya baru yang disematkan di bagian atas perangkat.

Perangkat ini didukung serta dukungan port USB-C dan tidak lagi menggunakan port Lightning. Selain itu, Apple memasarkan produk ini dengan dukungan charger 20W.

(Sumber: Apple.com)

Kerennya lagi nih iPad Air baru ini didukung chipset Apple A14 Bionic baru A14 Bionic dibangun dengan proses 5nm, dan menjadi chipset pertama yang dibangun dengan proses ini.

Chipset A14 Bionic mengusung CPU enam core dengan dua core berperforma tinggi dan empat core berefisiensi tinggi.

Apple mengklaim performa yang disuguhkan chipset pada iPad terbaru ini meningkat hingga 40 persen jika dibandingkan dengan iPad Air generasi sebelumnya, sedangkan GPU 30 persen lebih cepat.

Di bagian belakang, iPad Air baru ini hadir dengan bekal setup kamera serupa model iPad Pro, dengan kamera utama 12MP f/1.8, dan didukung kemampuan merekam video pada 60fps, 24ofps slow-mo dan stabilisasi video lebih baik.

Untuk kamera depan, tablet ini berbekal kamera 7MP f/2.0 serta kemampuan merekam video 1080p pada 60fps. iPad Air baru ini juga berbekal konektivitas Wi-Fi 6, speaker ganda, dukungan untuk Apple Pencil yang terpasang secara magnetik di bagian sisi untuk pairing, pengisian daya, dan penyimpanan.

Apple juga akan menawarkan sasis keyboard mengambang untuk iPad Air baru yang menggunakan sistem operasi iPadOS 14 ini.

Rencananya tablet ini akan mulai dipasarkan pada bulan Oktober mendatang dalam pilihan warna perak, Space Gray, Rose Gold, hijau, dan biru langit dengan harga dari USD599 or sekitar Rp8,9 juta untuk versi dengan konektivitas hanya Wi-Fi serta USD729 atau senilai Rp10,8 juta untuk versi dengan dukungan konektivitas Wi-Fi dan seluler, dengan bekal ruang penyimpanan berkapasitas 64GB.

Sementara versi dengan ruang penyimpanan 256GB akan dipasarkan dengan harga USD749 atau senilai Rp11,1 juta dan USD879 atau setara Rp13,03 juta.

BACA JUGA: Sejumlah Teknologi yang akan Populer di Tahun 2020 

2. Apple Watch Series 6

Apple juga meluncurkan Apple Watch 6 baru, yang memiliki baterai tahan lama berkat chipset S6 baru di dalamnya – di samping sensor oksigen darah, yang dapat mendeteksi penyakit dengan memantau tingkat O2 dalam darah Apple fanboy yang menggunakan jam pintar ini

Dengan memanfaatkan teknologi sinar inframerah, arloji pintar ini dapat mengukur kadar oksigen pengguna dalam waktu 15 detik. Apple Watch Series 6 dibekali prosesor S6. Prosesor ini diadaptasi dari chip A13 Bionic yang telah disesuaikan untuk Apple Watch.

Apple Watch Series 6
(Sumber: apple.com)

Chip ini diklaim mampu meningkatkan masa hidup baterai hingga 18 jam dan mempercepat waktu pengisian daya, yang hanya memerlukan waktu 1,5 jam.

Apple Watch Series 6 akan menjalankan sistem operasi WatchOS 7 yang hadir dengan sejumlah fitur baru. Beberapa di antaranya meliputi fitur cuci tangan dengan durasi timer yang sesuai dengan protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Pengguna dapat menyeleksi pesan dan panggilan telepon yang diterima melalui Apple Watch anak. Lebih lanjut, pengguna juga dapat mengatur fitur peringatan lokasi dan mengaktifkan mode do not disturb selama jam sekolah berlangsung.

Dalam paket pembelian, Apple hanya akan menyertakan kabel charger di dalam boks Apple Watch Series 6. Apple menyebut hal ini dilakukan sebagai upaya dalam mengurangi limbah elektronik.

Apple Watch Series 6 tersedia dalam beberapa pilihan material, yakni aluminium, stainless steel, hingga black titanium. Apple Watch Series 6 40mm dijual mulai dari 399 dollar AS 40 atau setara dengan Rp 5,9 juta.

BACA JUGA: Ragam Pekerjaan Manusia yang Diprediksi Tergusur Kecanggihan Teknologi

3. Apple Watch SE

Nah, Model ini memiliki fitur termasuk akselerometer internal, giroskop, dan altimeter selalu aktif, serta pelacakan tidur, deteksi jatuh, dan deteksi cuci tangan.

Model seluler dapat digunakan untuk melakukan panggilan darurat, bahkan secara internasional, dengan fitur Emergency SOS.

Apple Watch SE menggunakan Sistem S5 dalam Paket (SiP) dan prosesor inti ganda. Apple mengatakan hal ini akan memberikan kinerja hingga dua kali lebih baik dibanding Seri 3.

Apple Watch SE
(Sumber: apple.com)

Mirip dengan iPhone SE, Watch SE adalah Apple Watch terjangkau pertama. Menjalankan watchOS 7, Apple Watch SE dihargai mulai 279 dolar (Rp 4,1 jutaan), sedangkan model seluler mulai 329 dolar atau sekitar Rp 4,8 jutaan.

Meski harganya lebih murah, fitur yang dibawa Apple Watch SE juga nggak kalah kalah dari Apple Watch Series 6. So,  produk yang mana nih yang bakal kamu buru selaku Apple fanboy? (Sbg/Rig)

Comments