Jas Hujan
(Foto: drivojoy.com)

Sabigaju.com – Curah hujan kini mulai intens turun di wilayah Indonesia. Bagi sebagian pengendara motor alias bikers, gejala alam ini disikapi dengan mengenakan jas hujan saat berkendara ketika hujan melanda.

Namun demikian, masih ada saja bikers yang tetap basah kuyup meski sudah mengenakan jas hujan. Hal ini ternyata jas tersebut tak anti air (waterproof), hanya mampu menahan hembusan dingin angin malam (windproof).

Berikut beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan para bikers saat membeli jas hujan:

BACA JUGA: Sanksi dan Resiko Bahaya Berteduh Sembarangan Saat Hujan

Hindari Memilih Model Ponco

Masih banyak pengendara motor yang memilih jas hujan model ponco. Nah Sabigaju menyarankan buat para bikers sebaiknya jangan memilih model ponco.

Selain tak menutup semua bagian tubuh, model ponco cukup membahayakan dirimu karena rawan akan resiko tersangkut jeruji roda dan gir, serta berpotensi menghalangi pandangan pengendara lain di belakangmu.

Kekurangan lainnya adalah jas jenis ini tidak dijahit secara rapi, hingga air hujan tetap menyerap masuk dan membasahi tubuhmu.

BACA JUGA: Kecanggihan Helm Pintar Bikin Kamu Serasa jadi Iron Man

Pilih Bahan Jas Hujan PVC

Bagi para bikers disarankan memilih jenis material polyvinyl chloride alias PVC. Material jas hujan ini kedap air tanpa ada peresapan seperti bahan plastik atau parasut.

Jas dengan bahan PVC, yang berpori-pori sangat rapat, lebih kedap air. Dengan bahan jenis ini, para bikers akan lebih fokus dalam berkendara karena terhindar dari resapan air hujan.

Selain itu pilihlah yang menggunakan metode pres/laminasi (dirapatkan dengan cara dipanaskan), bukan dijahit.

Perhatikan Ritsleting

Jika model jas  yang kamu pilih memiliki ritsleting, pastikan ritsletingnya kuat. Ritsleting dari bahan besi atau plastik biasanya cepat rusak.

Disarankan pilihlah ritsleting dari bahan tembaga atau kuningan yang memiliki daya tahan mumpuni.

BACA JUGA: Siapkan Perlengkapan Penting Ini di Motormu Saat Musim Hujan

Pilih Warna Cerah

Hal lain yang tak kalah penting buat para bikers pilihlah jas dengan warna cerah alias terang untuk menunjang keamanan berkendara.

Hal ini bukan tanpa alasan. Menggunakan jas  dengan warna sedikit mencolok akan memudahkan pengendara lain mengetahui posisi motormu. Dengan begitu kamu dapat terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Namun, kalau hujan turun dengan sangat deras, kami sarankan agar para bikers  berteduh untuk menghindari potensi resiko saat berkendara. Sikapi musim penghujan dengan cara yang cerdas. (Sbg/Rig)

Comments