The Panasdalam Bank
Lagu-lagu The Panasdalam Bank memiliki sindiran yang dibungkus dengan lirik nyeleneh, konyol dan unik hingga menjadi sesuatu yang tak biasa dalam industri musik Indonesia. (Foto: Instagram thepanasdalam)

Sabigaju.com – Tak dipungkiri jika salah satu keberhasilan Film Dilan 1991 adalah berkat dari original soundtrack hasil karya grup band indie The Panasdalam Bank bentukan Pidi Baiq yang dikolaborasikan dengan beberapa penyanyi.

The Panasdalam Bank  sendiri sudah sejak lama memulai karier di dunia musik. mereka berdiri sejak  tahun 1995 silam di Bandung, Jawa Barat.

Lagu-lagu The Panasdalam Bank memiliki makna atau lebih tepatnya sindiran yang dibungkus dengan lirik nyeleneh, konyol dan unik jadi sesuatu yang berbeda dan gak biasa dalam industri musik Indonesia.

BACA JUGA:

Arti The Panasdalam Bank dan Komitmen Enggan Masuk TV

The Panasdalam Bank merupakan akronim. The-nya dari Atheis, pa-nya dari Paganisme, nas-nya dari Nasrani, da-nya dari Hindu Buddha, lam-nya dari Islam.

Seiring berjalannya waktu, The Panasdalam Bank sering mengalami perubahan nama. Namun satu hal yang pasti,  mereka tetap mengusung keunikan yang bikin geleng kepala.

The Panasdalam Bank
(Foto: Instagram thepanasdalam)

Ciri lain dari band The Panasdalam Bank ini mereka punya  komitmen untuk tidak tampil di layar kaca televisi. Padahal sejak rilis album pertama, tidak sedikit stasiun televisi yang menawarkan untuk tampil di layar kaca.

Alasan mereka menolak tawaran tampil di stasiun televisi adalah karena mereka lebih ingin masuk surga. Mereka juga tidak ada tujuan mencari uang karena tidak merasa kehilangan uang.

Alasan tersebut yang kemudian membuat The Panasdalam Band berganti nama menjadi The Panasdalam Bank. Makna Bank disini menjelaskan bahwa The Panasdalam merupakan sebuah instansi yang memiliki banyak uang.

Gaya panggung Ala Komika

Dalam setiap penampilannya, grup musik ini  selalu mampu membetot perhatian penonton aksi musik bercampur kelakar yang kerap mereka tampilkan mampu mengajak para penggemarnya tertawa hingga larut menikmati pertunjukkan.

The Panasdalam Bank
(Foto: Instagram thepanasdalam)

Hal itu mengingat The Panasdalam Bank memiliki lagu dengan lirik unik. Apalagi sang vokalis sekaligus gitaris, Pidi Baiq kerap melontarkan anekdot di sela-sela konser.

Mereka bak komika yang sedang melawak di depan banyak penonton dalam sebuah acara. Tak lupa, terkadang mereka menjelaskan cerita singkat suatu lagu.

Dari kelamin Hingga Urusan Bangsa

Lagu-lagu band ini sekilas tampak absurd, tetapi bila dipikirkan dengan mendalam, ada nilai-nilai filosofi yang bisa dibilang luar biasa.

Misalnya saja pada lagu Kelamin Uber Alles. The Panasdalam Bank seakan mengkritik kita bahwa urusan percintaan tak jauh-jauh dari urusan kelamin.

The Panasdalam Bank
(Foto: Instagram thepanasdalam)

Namun demikian ada loh salah satu hal yang berbeda dari ini. Yup, The Panasdalam Bank ternyata punya sebuah single yang dibuat dengan pesan yang serius.

Hal itu bisa kamu dengar lewat ‘Bersatulah Indonesia’ yang memiliki kesan kebangsaan dan persatuan. Bait lirik yang mengandung pesan bagi persatuan Indonesia di lagu ini berjalan seirama dengan nada-nada yang tetap mudah diterima oleh para pendengarnya.

Lagu tersebut seakan mengajak masyarakat Indonesia lebih mengerti makna persatuan. toleransi,dan menghormati perbedaan. (Sbg/Rig)

Comments