Tidur lebih lama
Kalau kamu keseringan tidur lebih lama saat akhir pekan bahkan menjadikannya sebagai  kebiasaan. Hal itu bisa berbahaya untuk kesehatanmu.(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Biasanya, saat akhir pekan tiba, banyak pria yang punya ritual balas dendam untuk tidur lebih lama bahkan bisa sepanjang hari.

Hal ini dilakukan lantaran sejak Hari Senin hingga Jumat mereka mereka biasanya bangun sebelum matahari terbit, guna bekerja. Dan para cowok biasanya berasumsi kalau  tidur lebih lama di akhir pekan bisa membayar kurangnya waktu tidur.

Emang enak sih kalau sesekali kita tidur lebih lama. Tapi kalau kamu keseringan tidur lebih lama saat akhir pekan bahkan menjadikannya sebagai  kebiasaan. Hal itu bisa berbahaya untuk kesehatanmu.

BACA JUGA: Kurang Tidur Bikin Kehidupan Seksualmu Menurun!

Resiko Penyakit Akibat Kebiasaan Tidur lebih Lama Saat Akhir Pekan

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, tidur lebih lama alias seharian di akhir pekan ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Penelitian itu mengungkapkan fakta bahwa tidur lebih lama bakal akan merusak pola tidur seseorang yang bisa meningkatkan risiko timbulnya penyakit metabolisme seperti penyakit jantung dan diabetes.

Hal itu dijelaskan oleh Patricia Wong salah seorang ilmuwan dari University of Pittsburgh yang terlibat dalam penelitian tersebut.

BACA JUGA: Kebiasaan Tidur Unik Para Tokoh Dunia, Apakah Kamu Seunik Mereka?

“Orang-orang yang memiliki jadwal tidur berantakan dan terbiasa tidur larut malam di akhir pekan akan lebih mudah terkena serangan berbagai penyakit. Mereka yang tidur larut malam juga akan bangun telat di pagi hari. Dengan kebiasaan ini, mereka bisa sangat rentan terkena serangan jantung, diabetes dan penyakit berat lainnya.” ujar Patricia

“Perubahan metabolisme ini akan memberikan kontribusi terhadap munculnya gejala obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular,” lanjutnya.

Untuk melakukan penelitian ini para ilmuwan mempelajari pola kehidupan dari 447 orang yang berumur 30-54 tahun. Dari jumlah itu, 53 persen adalah wanita dan 83 persen berkulit putih. Semua orang itu bekerja minimal 25 jam per pekan.

Nyaris 85 persen orang yang diteliti mempunyai kebiasaan untuk bangun lebih siang pada akhir pekan dibandingkan pada hari kerja.

BACA JUGA: Lima Hal ini yang Bikin  Kamu Fresh Saat Bangun Tidur 

Bahaya Kolesterol

Selain itu orang yang mempunyai perbedaan jadwal tidur yang mencolok pada hari kerja dibandingkan jadwal tidur pada akhir pekan mempunyai kandungan kolesterol yang buruk.

Mereka juga mempunyai kadar insulin yang lebih tinggi, dan lebih resisten terhadap insulin daripada orang-orang yang mempunyai jadwal tidur yang umum sepanjang pekan.

So, gaes   sepertinya kebiasaan tidur lebih lama di akhir pekan bukan hal baik untuk dilakukan yah! Yuk hentikan kebiasaan itu. (Sbg/Rig)

Comments