air putih

Sabigaju.com – Air adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Jumlah kandungan air pada tubuh bayi saja bisa mencapai hingga 75%. Sedangkan untuk orang dewasa, presentase air pada tubuh berkurang hingga 50% saja.

Seringkali kita mendengar manfaat minum air yang direferensikan oleh banyak sumber untuk menjaga kesehatan. Manfaatnya antara lain adalah pencegah dehidrasi, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga metabolisme, menurunkan berat badan, meningkatkan energi, membantu mengeluarkan racun, membuat kulit halus dan cerah, menjaga fungsi ginjal, dan lain-lain.

Tapi ternyata mengonsumsi terlalu banyak air putih juga membawa dampak negatif bagi tubuh kamu lho, sob. Mau tau apa saja? Yuk simak ulasannya!

Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Air Putih

Berdasarkan Jurnal Medicine & Science in Sports & Excercise yang ditulis oleh Tamara Hew-Butler dari Oakland University, cairan berlebih masuk ke dalam tubuh akan membuat konsentrasi natrium akan mengalami penurunan yang drastis sehingga justru bisa membuat gagal ginjal dan disfungsi eskresi.

Jika sel-sel tubuh terlalu banyak menyerap air maka bisa jadi tubuh kamu akan mengalami pembengkakan, kejang-kejang, dan koma yang berujung pada kematian.

Penelitian lain dari seorang profesor sains di Oakland University, Dr Tamara Hew-Butler mengatakan bahwa sel otak akan membengkak hingga 10% kalau manusia terlalu banyak minum air. Pada kondisi demikian otak akan mencapai tengkorak dan kemungkinan akan mendorong batang otak hingga bergeser dari tempat seharusnya.

Dampak negatif dari terlalu banyak minum air menurut Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) tercatat bahwa ada sekitar 1600 kasus meninggal di seluruh dunia akibat minum air yang berlebihan. Suatu jumlah yang tergolong tinggi.

Begitu ceritanya sob jadi sebenernya minum air itu sehat kalau diminum dengan takarannya. Namun jika terlalu banyak memang akan membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Jadi, minum secukupnya aja ya, sob. (Sbg/Ary)

Comments