Baperan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Dalam bahasa gaul kekinian, istilah baperan adalah sebutan untuk orang yang cenderung sensitif, mudah tersinggung, dan berlebihan dalam merespons isu, kasus atau masalah, dan situasi tertentu.

Nah bagaimana jika dalam dunia profesional alias pekerjaan? Bolehkan kita baperan? Kamu harus tahu nih gaes, orang yang baperan lebih mirip dengan childish,

Mereka memiliki ciri antara lain suka merengek (self-center) untuk meminta sesuatu atau memenuhi keinginannya, tanpa membuat upaya untuk melakukan sesuatu.

Perilaku baper di tempat kerja bisa menimbulkan banyak kerugian bagi diri sendiri, antara lain:

BACA JUGA: Bangun Reputasi Agar Karirmu Meningkat Pesat di Kantor 

Nggak Mampu Beradaptasi

Bertahan di lingkungan kerja memang membutuhkan kemampuan adaptasi yang baik, Nah orang baperan  biasanya kurang mampu beradaptasi   di tempat kerjanya

Ini patut disayangkan. Sebab dunia kerja. kerap menuntut seseorang menomorduakan emosi sesaat agar dapat bertindak profesional.

Sulit Menyelesaikan Pekerjaan dengan Baik

Tak dapat dipungkiri kalau baper di tempat kerja juga rentan membuyarkan konsentrasi. Jika hal ini terus terjadi, kemungkinan besar kamu pun akan sulit menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Kalau pemikiran kamu terus fokus pada beban kerja sehingga mengabaikan proses pencarian solusi bagi pekerjaan yang sedang menumpuk. Hal ini  bisa mempengaruhi performa kerja secara keseluruhan.

BACA JUGA: Jadi Pikun Bisa Jadi Salah Satu Tanda Kamu Stres di Kantor

Rekan Kerja, Atasan, dan Klien Malas Berinteraksi

Perilaku baper di tempat kerja pasti mendapat pandangan negatif dari seluruh pihak yang ada di lingkungan kerja.

Hal ini juga dapat membuat rekan kerja, atasan, dan klien malas berinteraksi denganmu karena kamu dianggap kurang profesional.

Daripada harus berurusan dengan orang yang mudah baper, biasanya sebagian orang memilih untuk menjauh.

Urusan pekerjaan membuat sebagian orang merasa terpaksa harus berinteraksi denganmu.

Mendapat Penilaian Buruk dari Atasan

Sikap baperan di tempat kerja  pasti mempengaruhi penilaian atasan terhadapmu. Sebab atasan pasti akan memberikan penilaian buruk bila kamu tak mampu menunjukkan profesionalitas kerja.

Alhasil akhirnya penilaian tersebut berpengaruh pada peluang naik jabatan, kenaikan gaji, dan pencapaian lainnya dalam karier.

BACA JUGA: Pentingnya Power Nap Buat Kamu Para Pekerja Kantoran

Stamina dan Semangat Kerja Rentan Menurun

Perasaan yang terlalu sensitif saat menghadapi masalah pekerjaan alias baperan  berisiko menimbulkan gangguan fisik dan psikis.

Kamu jadi mudah stres dan depresi serta rentan mengalami gangguan lainnya seperti insomnia, sakit kepala hingga mood tidak stabil.

Kalau gangguan tersebut dibiarkan begitu saja, risiko pekerjaan terbengkalai atau tidak selesai secara maksimal pun akan meningkat.

Mulai sekarang,tunjukan kalau kamu adalah pribadi yang lebih profesional dan kebal menghadapi masalah. Hindari baperan di kantor biar kamu mampu menuntaskan pekerjaan yah gaes. (Sbg/Rig)

Comments