busana
Kini tampilan kasual seakan menjadi pilihan para pekkerja dan mendominasi busana kantoran (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Selain soal keahlian, hal lain yang perlu diperhatikan dalam bekerja adalah menjaga penampilan. Terlebih jika kamu bekerja di bank atau perusahaan yang menuntut kamu mengenakan busana yang  rapi.

Namun demikian ada pula perusahaan yang memberikan kebebasan kepada karyawan dalam memilih cara berpakaian yang fleksibilitas dan memberi ruang bagi mereka untuk mengekspresikan diri melalui penampilan.

Lantas mana seharusnya yang harus kita kenakan Busana formal atau busana casual yang fleksibel?

BACA JUGA: Begini Tampil Keren Lewat Paduan Kaos Polos dan Jeans 

Penelitian Soal Busana Formal

Pilihan antara busana casual ataupun busana formal sebenarnya memiliki kedunggulan masing-masing

Saat kamu mengenakan busana yang lebih formal akan membuat pikiran orang terbuka lebih lebih dan lebih menyeluruh. Pikiran mereka tidak sempit dan hanya berpikir tentang hal-hal mendetail saja.

(Foto: Unsplash)

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari California State University mencoba meneliti bagaimana busana formal mengubah proses berpikir seseorang.

BACA JUGA: Ciri ini Menandakan Pasangan Kalian Adalah Seorang Hypebeast

“Mengenakan pakaian formal membuat kita merasa lebih berkuasa, dan hal itu mengubah bagaimana kita melihat dunia,” ujar Abraham Rutchick, seorang profesor ilmu psikologi di California State University, Northridge.

Resign dari kantor
Banyak faktor yang membuat seseorang ingin resign dari kantor. Namun, pertimbangkan dulu sejenak sebelum kamu mengambil keputusan tersebut, Sob. (Foto: Hunters Race/Unsplash)

Rutchick dan rekan satu timnya mengungkapkan bahwa mengenakan busana yang lebih formal daripada sekadar pakaian kasual akan membuat pikiran orang terbuka lebih lebih dan lebih menyeluruh.

Pikiran mereka tidak sempit dan hanya berpikir tentang hal-hal mendetail saja. Secara psikologis, mengenakan busana resmi akan membuat orang untuk lebih siap memproses hal-hal yang abstrak daripada hal-hal yang konkret.

BACA JUGA:  Jangan Kuno, Kerja Enggak Selalu Harus Pakai Jas atau Kemeja!

Busana Branded

Ada pula studi di Penn State, Notre Dame dan University of Kentucky, AS yang mencoba meneliti bagaimana pilihan menggunakan baju bermerek ketika bekerja mampu menghasilkan pekerjaan lebih baik.

Menurut Frank Germann, Ph.D., seorang asisten professor pemasaran dari Notre Dame University Mendoza College of Business, mengungkapkan bahwa memakai pakaian dengan merek tertentu dapat meningkatkan kinerja hingga 20 persen.

BACA JUGA: Begini Cara Cerdas Pria Kekinian Berbelanja Pakaian

(Foto: mensfashioncasual)

Lebih lanjut ia mengatakan inilah alasan mengapa banyak orang sukses dunia yang seringkali memiliki baju ‘keberuntungan’ yang biasa mereka gunakan ketika bekerja.

Penelitian yang dipublikasikan pada 2008 dalam Journal of Marketing Research mengungkap bahwa merek tertentu dapat berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang.

Orang yang sering menggunakan merek Apple misalnya biasanya cenderung lebih kreatif. Mereka yang suka dengan kartun buatan Disney dan Pixar memiliki tingkat imajinasi lebih tinggi.

BACA JUGA: Pria Mampu Menghabiskan Uang Lebih Banyak Saat Belanja Pakaian

Kasual Kini Mendominasi

Seiring dengan berkembangnya industri kreatif saat ini, sebagian besar pekerja banyak yang memilih mengenakan kaos, hoodie, dan sepatu sneakers.

Para pekerja yang suka mengenakan celana denim dan kaus oblong mungkin menunjukkan orang yang menyukai kebebasan.

thehommedepot.tumblr.com
jaket casual

Nah para peneliti di Harvard Business School menyebut ini sebagai fenomena red sneakers effect.

Lewat riset yang dimuat di The Journal of Consumer Research, menyebutkan tentang persepsi bekerja terhadap pakaian orang lain.

Misalnya seorang profesor yang berpakaian kasual, brewokan, gondrong, cenderung dianggap lebih pintar daripada yang rapi.

(Foto: Unsplash)

 

Inilah situasi saat seorang pekerja menelanjangi tampilan artifisialnya, mereka bisa lebih jujur terkait pekerjaannya.

Bahkan orang-orang terkaya di dunia saat ini  seperti Mark Zuckerberg, Elon Musk, Sergey Brin hingga mendiang Steve Jobs lebih menyukai berpakaian kasual daripada formal.

Namun demikian perubahan gaya berpakaian dari formal menjadi kasual terjadi pada beberapa bisnis tertentu saja .

Sebab kantor bisnis seperti firma hukum, bank, kantor pelayanan publik negara, dan jasa lain yang membutuhkan pekerjanya tetap tampil dalam balutan busana formal alias serius. (Sbg/Rig)

Comments