Peselancar Brazil, Rodrigo Koxa, sebagai memegang rekor. Untuk “menunggangi” ombak terbesar dan tertinggi di Planet Bumi. (Foto Instagram rodrigokoxa)
Peselancar Brazil, Rodrigo Koxa, sebagai memegang rekor. Untuk “menunggangi” ombak terbesar dan tertinggi di Planet Bumi. (Foto Instagram rodrigokoxa)

Sabigaju.com – Para peselancar sejati selalu tertantang untuk menaklukan dahsyatnya ombak di laut lepas dengan papan surfing andalannya.

Itulah sebabnya para peselancar profesional selalu mencari pantai dengan ombak yang penuh tantangan. Nah, belum lama ini seorang surfer asal brasil, Rodrigo Koxa berhasil menunjukan aksi memukau yang mengundang decak kagum warganet lantaran berhasil menaklukkan ombak setinggi 24,38 meter dengan papan surfingnya di pantai Nazare, Portugal.

Hal itu membuat Liga Selancar Dunia (WSL) menetapkan peselancar Brazil, Rodrigo Koxa, sebagai memegang rekor. Untuk “menunggangi” ombak terbesar dan tertinggi di dunia.

Borong Dua Penghargaan Sekaligus

Rodrigo Koxa berhasil berselancar dengan menaklukkan gelombang ombak tertinggi dunia yang tingginya mencapai 24,38 meter, di sebuah pantai kota Nazare, Portugal. Keberhasilan yang telah diraihnya itu pun disambut gembira lantaran dirinya mengaku pernah mengalami pengalaman buruk pada tahun 2014 lalu.

Saat itu Rodrigo Koxa hampir mati ketika mencoba berselancar pada gelombang tinggi di pantai yang sama. kejadian buruk yang pernah menimpanya pada tahun 2014, Rodrigo mengatakan ia mengalami trauma secara psikologis.

Dalam empat bulan, Rodrigo menjadi penakut dan enggan berpergian. Namun, berkat dukungan istri, akhirnya pria berusia 38 tahun itu kembali mengulangi percobaan pemecahan rekor yang pernah gagal ia buat sebelumnya.

Keberhasilan yang diraih Rodrigo mengantarkannya pada 2 penghargaan sekaligus yakni penghargaan yang diberikan oleh Quick Silver XXL Biggest Wave dan sekaligus mencatatkan namanya di buku Guinness World Record.

Dahyatnya Ombak Pantai Nazare yang ditaklukan Rodrigo Koxa

Nazaré merupakan kawasan pesisir barat Portugal yang selalu ramai dikunjungi turis saat musim panas.

Kawasan ini terbagi dalam tiga area; pantai), tebing, dan bukit. Keberagaman alamnya menjadikan Nazaré tempat yang layak untuk berwisata petualangan.

View this post on Instagram

Ação na #praiadonorte 25-02-18

A post shared by Praia do Norte (@praiadonortenazare) on

Tercatat, ombak di pantai yang dikelilingi tebing dan karang mencekung itu bisa mencapai puluhan meter. Palung sepanjang 170 kilometer dengan kedalaman 5.000 meter membuat ombak di sana menggila. Tak sedikit peselancar yang mengatakan kalau ombak itu harus masuk daftar keajaiban dunia.

Banyak yang tidak percaya dengan kedahsyatan ombak di “Nazaré Canyon”, karena foto dan video dokumentasi diambil dari atas menara mercusuar dan tebing, yang notabene sama tinggi dengan gulungan ombak itu.

Saking dahsyatnya, penjaga pantai sampai melarang turis awam ataupun peselancar amatir untuk berada di sekitar pantai jika musim badai datang. Karena ombak dahsyat yang sangat tinggi siap menggulung peselancar tanpa ampun di pantai tersebut. (Sbg/Rig)

Comments