Makanan Nabati yang kaya Protein
(Sumber: NDTV)

Sabigaju.com -Jika kamu juga mengalami kesulitan untuk mendapatkan daging atau menemukan harga yang tinggi di pasaran, kamu bisa memilih berbagai alternatif bahan makanan nabati yang bisa dijadikan pengganti daging untuk memenuhi kebutuhan protein.

Kamu mesti tahu nih gaes, kandungan protein juga dapat ditemukan dalam makanan nabati. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan mengonsumsi protein dari tumbuhan atau protein nabati bisa membantu hidup lebih lama. Selain itu juga mengurangi risiko kematian dini secara keseluruhan.

Setiap 3% dari asupan energi harian seseorang yang berasal dari protein nabati mengurangi risiko kematian dini seseorang sebesar 10%.

Berikut lima pilihan makanan nabati yang mengandung protein sebanyak daging, sebagai alternatif selain daging:

BACA JUGA: Makan Siang Asal Kenyang Terganti Tren Makan Sehat

1. Kentang

Kentang berukuran sedang mengandung hampir sembilan persen jumlah protein yang disarankan per harinya. Hitungan tersebut cocok untuk seseorang yang mengikuti diet 2000 kalori.

Kentang
(Foto: Freepik.com)

Selain itu, satu kentang berukuran sedang memiliki rincian lima gram protein, 168 kalori, tiga gram  serat, satu gram gula, 0,2 gram lemak, 38 gram karbohidrat, dan 11 gram sodium.

Ada banyak cara  untuk menyajikan makanan sehat berbahan dasar kentang, mulai dari kentang goreng, kentang panggang, bahkan kentang rebus.

2. Kacang Polong

Kacang Polong
(Foto: Freepik.com)

Setiap setengah cangkir kacang polong mengandung tiga setengah gram protein. Cobalah membuat masakan kacang polong dengan variasi yang Anda sukai, seperti sup kacang polong.

3. Kacang hitam

Makanan nabati ini mengandung karbohidrat tinggi (40 gram), tetapi karbohidrat ini terbentuk secara alami dan tidak dimurnikan seperti yang ditemukan pada roti dan kue kering.

Selain protein (15 gram per porsi satu cangkir), bagian dari sumber karbohidrat mereka adalah serat – khususnya serat larut, yang diketahui baik untuk menurunkan kolesterol LDL.

Kacang Hitam kaya protein
(Foto: Instagram)

Hal ini pula yang membuatkacang hitam sering dianggap sebagai makanan yang menyehatkan jantung karena kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan masalah terkait jantung lainnya.

Selain protein dan serat, kacang hitam juga kaya akan nutrisi lain, termasuk 46 miligram kalsium dan antioksidan seperti fitokimia nabati, yang dicatat Cochrane untuk membantu mengurangi risiko kanker.

BACA JUGA: Makan Siang Sendirian Pilihan Waras Buat Pekerja Kantoran

4. Brokoli

brokoli

Ada alasan khusus mengapa brokoli disebut sebagai sayuran super. Satu porsi brokoli kaya akan protein nabati dan serat, dua nutrisi penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

Selain protein, sayur brokoli mengandung folat (vitamin B9), mangan, kalium, serta vitamin C dan K.

Sayur sumber protein nabati ini ini pun mengandung zat antioksidan yang baik dengan kandungan kaempferol-nya.

5. Kembang Kol

Kembang Kol
(Foto: Freepik.com)

Kembang kol bisa jadi pilihan makanan nabati saat diet. 100 Gram kembang kol mengandung 3 gram protein dan 25 kalori.

Selain itu, kembang kol juga kaya akan potassium, kalsium, mangan, magnesium, dan zat besi.

6. Edamame

Edamame kuliner nabati yang kaya protein
(Foto: Freepik.com)

Dibandingkan dengan sebagian besar sumber makanan protein nabati lainnya dalam daftar ini, edamame lebih tinggi kandungan proteinnya – 19 gram per porsi satu cangkir.

Dimasak dan disajikan di dalam kulitnya, kedelai ini tidak hanya sarat dengan protein, tetapi juga sumber serat, folat, dan kalium yang baik.

7. Bayam

Bayam
(Foto: Pexels)

Ingin mendapatkan kandungan protein nabati maksimal dari bayam? Rebus saja. Bayam selain kaya protein, juga tinggi kandungan vitamin C, asam folat, dan vitamin B kompleks.

BACA JUGA: Makan Bersama Keluarga, Hidup Kembali di Masa Pandemi

8. Tahu

Tahu merupakan salah satu kuliner nabati yang kaya Protein
(Foto: Instagram)

Makanan nabati berbasis susu kedelai tanpa rasa ini, dapat memberi tubuh semua kebaikan nabati yang akan kamu sukai, saat kamu memasaknya dengan benar.

Ada banyak sekali pilihan untuk mengolahnya. Satu cangkir tahu setara dengan 20 gram protein per sajian.

Tuh banyak kan pilihan makanan nabati yang kaya protein untk kamu konsumsi! (Sbg/Rig)

Comments