Daging Kurban jangan dibungkus kantong plastik

Sabigaju.com – Perayaan Idul Adha biasanya identik dengan momen pembagian daging kurban.

Meski sudah banyak yang tidak menggunakan bungkusan plastik, tapi masih ada yang menggunakannya sebagai bungkusan daging akan dibagikan ke setiap rumah warga

Nah, kamu sadar bahwa  daging kurban yang dibungkus dengan kantong plastik kresek berwarna hitam sangat berbahaya. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Bukan Kolesterol, Ini Sebab Makan Banyak Daging Kambing Bikin Pusing

Bahaya Plastik dari Kanker Hingga Bakteri

Penggunaan kresek hitam saat pembagian daging kurban. Selain tidak ramah untuk lingkungan juga bisa berbahaya untuk kesehatan. Dalam kantong plastik mengandung zat pelentur plastik yang mengandung karsinogen yang merupakan zat pemicu kanker.

Kresek hitam sendiri awalnya bearna putih. Setelah mengalami 4 sampai 5 recycle. Makanya warnanya jadi hitam, kasar-kasar dan baunya busuk.

kantong kresek hitam biasanya berbahan HDPE (High Density Polyethylene) yang memang tidak dianjurkan untuk bersentuhan langsung dengan makanan. Karena ditakutkan ada migrasi zat-zat berbahaya dari kresek hitam ke daging kurban.

Daging qurban mengandung lemak, sehingga membuat zat kimia diplastik tersebut mudah larut dan menempel di daging.

Meski pun pembungkus tersebut sudah dicuci bersih, lanjutnya, hal tersebut tidak menghilangkan kandungan berbahaya yang terdapat dalam plastik tersebut.

Menurut studi yang dilakukan Jonathan Klick dan Joshua D. Wright, ditemukan delapan persen bakteri E.coli dalam kantong plastik yang dipakai membungkus daging mentah. Dan, sebanyak 97 persen orang di Inggris yang ditanya mengaku tidak pernah mencuci kantong plastik mereka.

Studi yang dilakukan untuk mengetahui keamanan makanan itu  menunjukkan persentase tinggi mengenai kantong plastik yang sebenarnya mengandung bakteri berbahaya,

Nah, berikut adalah sejumlah alternatif sebagai wadah daging kurban yang dapat digunakan selain kantung plastik sekali pakai:

BACA JUGA: Manfaat Mengonsumsi Daging Kambing, Bisa Tingkatkan Libido? 

1. Besek Bambu

Besek bambu dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik. Wadah ini dapat digunakan berulang kali.

Selain sifatnya yang ramah lingkungan, adanya rongga di antara anyaman besek bambu membuat pengemasan makanan menjadi lebih segar.

2. Food Container

Food container juga dapat menjadi pilihan wadah daging kurban. Wadah makanan ini mudah ditemukan di tempat penjualan alat rumah tangga.

Selain itu, food container memiliki beragam ukuran dan bersifat multiguna sehingga dapat digunakan kembali untuk berbagai jenis makanan setelah dibersihkan.

BACA JUGA: Hadapi Corona dengan Kuliner Mantul untuk Imunitas Tubuh

3. Kantong atau tas

Kamu juga dapat mencoba menggunakan kantong yang bisa digunakan berulang kali atau reusable bag. Penggunaan reusable bag bisa menghemat penggunaan ratusan kantong plastik.

4. Boks Kertas

Boks kertas memiliki bentuk yang solid dan mudah terurai saat dibuang. Proses produksi boks kertas juga lebih ramah lingkungan.

Kelebihan lainnya adalah bisa didaur ulang dan mudah diperoleh di pasar. Selain itu, harganya pun murah.

Nah semoga informasi ini menambah wawasanmu akan bahaya kantong plastik sebagai wadah daging kurban.

Comments