Makan daging baik untuk kesehatan mental
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Hari ini Jumat, (31/7) Umat islam di seluruh dunia merayakan Hari Idul Adha. Saat Idul Adha, banyak orang menyantap berbagai hidangan daging, terutama daging sapi dan kambing.

Bahan makanan hewani ini umumnya disajikan dalam berbagai masakan, seperti sate, gulai, oseng, rendang, soto, sup, dan lainnya.

Nah, sebuah penelitianmenyatakan, bahwa makan daging dapat membantu meningkatkan kesehatan mental kita, termasuk di tengah pandemi virus corona.

BACA JUGA: Bukan Kolesterol, Ini Sebab Makan Banyak Daging Kambing Bikin Pusing

Pandemi Bikin Kesehatan Mental Terganggu

Krisis kesehatan mental membayangi dunia karena saat ini jutaan orang di berbagai negara dikelilingi oleh kematian dan penyakit, serta terpaksa menjalani karantina, kemiskinan, dan kecemasan, akibat pandemi Covid-19.

Isolasi, ketakutan, ketidakpastian, dan kekacauan ekonomi, merupakan penyebab dari stress psikologis.

Tak hanya dialami orang dewasa, stres mental, termasuk anak-anak dan remaja yang terisolasi dari teman-teman dan sekolahnya, tenaga medis yang menangani banyak pasien dan kematian akibat Covid-19.

BACA JUGA: Daging Kurban Berbahaya Jika Dibungkus Kantong Plastik

Daging dan Kesehatan Mental

Nah, sebuah penelitian baru menyatakan bahwa makan daging juga dapat membantu meningkatkan stabilitas mental kita.

Para peneliti sampai pada kesimpulan, bahwa menghindari bahan makanan hewani mungkin merupakan penanda perilaku yang mengindikasikan seseorang sudah memiliki kesehatan mental yang buruk.

(Foto: Pixabay)

Meskipun demikian, penelitian ini menyatakan klaim ini membutuhkan lebih banyak penelitian lanjutan.

“Mereka yang menghindari konsumsi hal inimemiliki tingkat signifikan lebih tinggi atau risiko depresi, kecemasan, dan / atau perilaku merugikan diri sendiri,” kata para peneliti.

“Studi kami tidak mendukung menghindari konsumsi daging untuk manfaat kesehatan psikologis secara keseluruhan,” lanjutnya.

BACA JUGA: Makan Siang Sehat Bisa Tingkatkan Kebahagiaan

Jangan Terlalu Banyak

Tidak hanya itu, penelitian ini juga menyatakan bahwa vegan dan vegetarian memiliki kesehatan mental yang buruk secara umum dan lebih cenderung memiliki pemikiran untuk bunuh diri.

“Sementara risiko dan manfaat dari pola makan vegan dan vegetarian telah diperdebatkan selama berabad-abad, hasil kami menunjukkan bahwa para pemakan daging memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik,” kata Dr. Edward Archer, salah satu penulis penelitian.

Daging
(Foto: Pixabay)

“Secara umum, jika Anda ingin menghindari peningkatan risiko depresi, kegelisahan, dan perilaku mencelakai diri sendiri maka makanlah daging,” kata Aseem Malhotra, seorang ahli jantung konsultan NHS (National Health Service).

“Jika Anda vegan atau vegetarian karena alasan etis, maka silakan secara pribadi berinvestasi ekstra dalam strategi untuk melindungi kesehatan mental Anda.”

Meski baik bagi kesehatan tubuh daan mental namun kamu sebaiknya tidak mengonsumsi daging terlalu banyak yah gaes.  Karena hal itu nggak bikin sehat dan malah bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh, terutama untuk jangka panjang. (Sbg/Rig)

Comments