ilustrasi pixabay

Sabigaju.com – Menjalani kehidupan sehari-hari di era urban seperti sekarang ini sangat menempa mental. Tidaklah kaget jika ada orang menjadi stress dan depresi karenanya.

 

But why bother all of the trouble jika ternyata kamu bisa mencegah bahkan mengobati tekanan stress dan depresi itu sendiri dengan pemilihan menu makanan yang tepat.

Daftar Makanan yang Dapat Mengurangi Stress dan Depresi

Bagi kamu yang mudah stress atau sedang mengalami depresi, dengan mulai displin mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan stress dan depresi. Makanan tersebut menurut Drew Ramsey, penulis dari Fifty Shades of Grey adalah:

1. Oatmeal dengan Kayu Manis dan Madu 

Makanan kaya akan serat ini dapat merangsang dan meningkatkan hormon serotonin pada tubuh sehingga membuat kamu jadi tenang. Dengan menambah kayu manis pada hidangan oat meal, akan membantu menghilangkan frustasi, dan madu akan memenuhi keinginan kamu untuk menyantap makanan manis secara alami.

2. Dark Chocolate isi Almond

Sebuah studi di  tahun 2009 di swiss yang menunjukkan kalau konsumsi dark chocolate akan mengurangi pembentukan hormon stress dan bisa mengurangi tekanan darah pada tubuh.

Menurut penelitian, kandungan almond yang memiliki protein dan lemak tak jenuh tunggal yang baik dapat menurunkan tingkat depresi.

3. Keripik Kale (Crispy Vegetable)

Ini adalah salah crunchy appetizer lezat yang sering dihidangkan di restoran-restoran. Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan fakta kalau orang yang memiliki kadar karotenoid tinggi pada tubuh ternyata jauh lebih optimis dibanding yang rendah.

Karoten itu sendiri adalah pigmen yang berguna sebagai sumber antioksidan bagi tubuh.

4. Smoothies Pisang

Susu kedelai yang rendah lemak tapi kaya folat akan bantu meningkatkan kadar serotonin (hormon penangkal stress). Sedangkan kandungan pisang bisa menurunkan tekanan darah tinggi saat stres karena kandungan kalium yang tinggi. Sehingga mencampur keduanya menjadi smoothines yang lezat bisa membantumu agar lebih rileks.

5. Kacang-Kacangan

Campuran dari kacang mete, kenari, dan pistachio pada dasarnya mengandung serat, antioksidan dan asam lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tekanan darah. Pistachio sendiri ternyata bisa menurunkan tingkat kecemasan, dan omega 3 lemak esensial pada kenari juga akan mempercepat penurunan depresi.

6. Ubi Jalar 

Ubi jalar juga mempunyai peran yang cukup baik dalam menurunkan stress dan depresi. Kandungan dari ubi itu sendiri memiliki nutrisi yang baik untuk menurunkan kecemasan, seperti karotenoid dan serat. Kamu akan mendapatkan karbohidrat dan juga sensasi manis tanpa lonjakan tinggi pada gula darah.

7. Yoghurt dan Raspberry

Kandungan dari yoghurt berperan sebagai pelepas neurotransmitter yang menghasilkan perasaan senang dan lega. Jika ditambah raspberry, akan menambah peran antioksidan yang bisa menghilangkan stress dan meningkatkan imunitas tubuh.

8. Kari

Satu mangkuk nasi kari pedas dan hangat bisa menjadi makanan penenang di saat sedang stress. Apabila tubuh mendeteksi senyawa capsaicin dari cabai, maka otak akan melepas endorfin. Suatu senyawa yang berfungsi untuk memberi perasaan lebih tenang.

Mengacu pada penelitian ternyata kari terbukti mampu melindungi bagian penting otak dari kerusakan akibat stress.

9. Teh Hijau

Sebuah studi di tahun 2011 menemukan kalau teh hijau itu mempunyai kandungan L-theanine, asam amino yang bisa buat pikiran jadi jernih dan dingin. Belum lagi teh hijau juga ternyata punya kafein yang bisa menambah konsentrasi dan fokus.

Kamu sendiri kalau lagi stress biasanya mengonsumsi makanan apa, sob? (Sbg/Ary)

Comments