Ajang MotoGP Inggris yang semula direncanakan pada Minggu (26/8 Batal dilaksanakan karena hujan yang tak kunjung berhenti dan membuat lintasan di sirkuit basah. (Foto Instagram)
Ajang MotoGP Inggris yang semula direncanakan pada Minggu (26/8 Batal dilaksanakan karena hujan yang tak kunjung berhenti dan membuat lintasan di sirkuit Silverstone basah. (Foto Instagram)

Sabigaju.com – Seperti yang telah diulas sabigaju.com sebelumnya, dimana cuaca adalah salah satu tantangan utama dalam seri MotoGP Inggris yang berlangsung pada Minggu (26/8) WIB.

Hujan deras, serta lintasan basah di Silverstone, memaksa pihak penyelenggara menunda start balapan. Gelaran MotoGP Inggris pada akhirnya harus dibatalkan akibat cuaca yang tak kunjung membaik membuat kondisi dinilai tak aman untuk menggelar balapan.

Hujan Tak Kujung Berhenti Saat Gelaran MotoGP Inggris

Balapan di Sirkuit Silverstone, sedianya akan digelar pukul 17.30 WIB. Jadwal start dimajukan karena pertimbangan cuaca, mengingat sesi kualifikasi hari Sabtu (25/8) kemarin juga dimulai dengan kondisi lintasan masih basah usai hujan.

Pihak MotoGP menyatakan jika hujan reda selambatnya pada pukul 16.00 waktu setempat, maka balapan dimulai pukul 16.50 waktu lokal atau sekitar pukul 23.00 WIB. Namun, cuaca tak memberi ampun.

Direktur Balap MotoGP, Mike Webb, menginginkan agar balapan tetap dilangsungkan hari ini. Ia telah mengupayakan berbagai cara untuk mewujudkannya. Pasalnya, jika gelaran MotoGP Inggris hari ini dibatalkan, maka harus ada penjadwalan ulang, dan itu akan mengganggu seri balapan lainnya.

Sampai dengan pukul 19.00 WIB, atau 1,5 jam setelah waktu start yang ditentukan, belum ada tanda-tanda apakah seri kali ini akan tetap dilangsungkan. Safety car terus mengecek lintasan yang terlihat masih sangat basah oleh guyuran hujan.

Memasuki pukul 19.30 WIB, alias 2 jam usai waktu start awal, kondisi Sirkuit Silverstone masih terlihat amat basah. Perhatian terus tertuju kepada safety car yang masih melaju di lintasan. Belum diketahui apakah race tetap berlangsung atau tidak.

https://www.instagram.com/p/Bm9oPCWgNSY/?hl=id&tagged=silverstone

Jadwal MotoGP Inggris Ditunda Sampai Kapan?

Dengan kondisi yang tak kunjung membaik, pertemuan digelar antara Dorna, para pebalap MotoGP, plus perwakilan IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional). Mereka lantas menyatakan trek tak aman untuk menggelar balapan.

Balapan pun dinyatakan batal. Ini pertama kalinya seri MotoGP dibatalkan, dengan semua kelas tak dimainkan, sejak seri Austria pada 1980 silam. Saat itu balapan dibatalkan karena salju.

Yang pasti, hingga artikel ini diturunkan, belum diketahui kapan balapan akan dimainkan kembali. (Sbg/Rig)

Comments