Philippe Coutinho mencetak gol perdananya untuk Barcelona saat menghadapi Valencia dalam partai semifinal leg kedua Copa del rey . (Foto :Instagram fcbarcelona)
Philippe Coutinho mencetak gol perdananya untuk Barcelona saat menghadapi Valencia dalam partai semifinal leg kedua Copa del rey . (Foto: Instagram fcbarcelona)

Sabigaju.com – Barcelona berhasil mengalahkan Valencia 2-0 di leg kedua semifinal Copa del Rey yang berlangsung di Stadion Mestalla, Jumat (9/2) dinihari WIB.

Walau mendominasi jalannya pertandingan, Barcelona tak mampu menciptakan gol ke gawang Valencia sepanjang babak pertama.

Kebuntuan baru terpecahkan di babak kedua. Barca bisa menjebol gawang Valencia dua kali lewat gol Philippe Coutinho di menit ke-49 dan Ivan Rakitic di menit ke-82. Skor 2-0 pun bertahan hingga laga usai.

Dengan total kemenangan agregat 3-0, La Blaugrana maju babak final Copa del Rey untuk berduel melawan Los Rojiblancos alias Seviilla yang lebih dahulu lolos.

Valencia Tampil Agresif

View this post on Instagram

¡Sigamos peleando! . 🔜 #reAMUNTada

A post shared by Valencia CF 🦇💯 (@valenciacf) on

Sejak peluit babak pertama ditiup wasit di Stadion Mestalla, tuan rumah Valencia tampil agresif di awal babak pertama. Tiga pemain Los Che dengan cepat berusaha mengurung pemain Barca yang dalam posisi menguasai bola.

Situasi itu membuat El Barca sedikit kesulitan melewati sepertiga pertahanan Valencia. Peluang pertama Barca baru bisa tercipta lewat tendangan bebas langsung yang dieksekusi Lionel Messi di menit kesembilan. Jaume Domenech dengan susah payah menepis bola yang mengarah ke sisi kiri atas gawang.

Valencia gantian memberi ancaman. Rodrigo membuat Pasukan Ernesto Valverde was-was setelah bola hasil sundulannya membentur mistar.

Hingga peluit turun minum berbunyi, skor tetap 0-0 .

Momentum Unik Coutinho dan Suarez

Sejak awal babak kedua Barca mulai lebih meningkatkan intensitas serangan. Masuknya Philippe Coutinho menggantikan Andre Gomes membuat permainan Barcelona lebih hidup.

Hasilnya, di menit ke-49, tim besutan Ernesto Valverde itupun bisa memecah kebuntuan lewat gol Coutinho

Gol tersebut lahir lewat penetrasi Suarez dari sisi kiri. Pemain asal Uruguay tersebut berhasil mengecoh gerak Ezequiel Garay untuk kemudian melepaskan umpan silang. Coutinho pun menyambar bola sambil menjatuhkan badannya.

Sebuah peristiwa unik dimana laman Opta Jose melaporkan gol tersebut mirip dengan momen terciptanya gol pertama Coutinho di Liverpool yang terjadi pada Februari 2013.

Unggul 1-0 bikin Barca meningkatkan intensitas serangan. Beberapa kali mereka berhasil membuat lawan ketar-ketir dengan tembakan yang dilepaskan Messi, Jordi Alba, dan Coutinho selama menit ke-60 sampai ke-65.

Pasukan Ernesto Valverde mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-82. Menerima sodoran dari Luis Suarez, Ivan Rakitic dengan tenang melepaskan tembakan terukur dari dalam kotak penalti.

Skor 2-0 untuk Barcelona tetap tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan. Di final, 21 April mendatang, Barcelona akan menghadapi Sevilla. (Sbg/Rig)

Comments