Transportasi Umum
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Saat ini muncul pertanyaan di benak banyak orang,  apakah kondisi merebaknya virus Corona bisa berimbas kepada kinerja transportasi umum?

Dan apakah kondisi transportasi publik kita tidak dapat memberikan jaminan bebas dari virus Corona?

Yang jelas kita harus sadar dan waspada saat menggunakan sarana transportasi publik agar tidak terpapar Virus Corona.

BACA JUGA: Virus Corona Bikin Urusan Ciuman Jadi Pelik 

Virus Corona dan Transportasi Umum

Menurut pandangan Ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, Charles Gerba mengungkapkan bahwa virus corona bisa menyebar saat seseorang berada di dalam transportasi umum.

Penderita corona yang terlebih dahulu telah berada dalam transportasi umum itu bisa saja dengan cepat menyebarkan virus corona tanpa disadari.

Untuk itulah, Charles mengimbau agar menggunakan hand sanitizer setelah turun dari transportasi umum untuk memastikan kuman penyebab virus corona lenyap.

Menurut Charles, cara ini lebih ampuh ketimbang memakai masker dan sarung tangan karet. Ia juga menyarankan agar jangan menaiki kendaraan di jam-jam padat. Kondisi ini akan meningkatkan kemungkinan terpapar virus corona.

“Karena tidak ada banyak tempat untuk bergerak selama jam sibuk. Semakin banyak orang berarti lebih banyak kesempatan untuk disentuh seseorang yang tidak membersihkan tangan mereka dengan benar,” tuturnya.

Charles bahkan menyebutkan, membersihkan tangan yang baru disentuh orang bukan berarti tidak sopan, cara tersebut adalah upaya untuk mencegah penularan virus corona.

“Anda harus menjauh dari orang yang batuk,” jelasnya.

BACA JUGA: Wabah Corona Ubah Kebiasaan Masyarakat dan Gaya Hidup 

Charles mengungkapkan, ada baiknya jika  berangkat lebih cepat  menggunakan transportasi publik untuk menghindari penularan virus corona.

“Semakin rendah kepadatan orang, semakin rendah risikonya,” tambahnya.

Charles menambahkan, ketika barang atau tas diletakkan di bagian bawah kendaraan umum, segeralah bersihkan tas tersebut dengan disinfektan.

Langkah ini juga berlaku pada, tas kain yang menyentuh lantai kendaraan umum. Ia bahkan menyarankan untuk mencuci barang tersebut dengan air panas.

BACA JUGA: Hadapi Corona dengan Kuliner Mantul untuk Imunitas Tubuh

Hindari Penggunaan Smartphone di Transportasi Umum

Selain itu Charles mengingatkan agar saat dalam perjalanan menggunakan transportasi publik, usahakan untuk tidak menyentuh ponsel. Ponsel bisa menjadi sarang untuk kuman hinggap dan menyebarkan virus.

Jari-jari yang kotor karena menyentuh tiang lalu memegang ponsel dan menempelkannya ke wajah menjadi salah satu cara virus corona cepat menyebar.

“Hindari menggunakan ponsel saat menggunakan transportasi umum. Jika tidak bisa, bersihkan layar ponsel menggunakan alkohol segera setelah Anda sampai di kantor atau kembali ke rumah,” tegasnya.

Charles menambahkan, cara tersebut sangat penting untuk dilakukan, meskipun ponsel tersimpan di dalam tas dalam waktu yang sebentar.

“Ketika Anda mengeluarkannya lagi, virus masih ada di sana,” katanya.

BACA JUGA: Gaes, Suplemen Nggak Efektif Cegah Infeksi Corona! 

Jangan Makan Saat menggunakan Transportasi Umum

Selain itu ketika kamu dalam perjalanan menggunakan transportasi umum, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan agar terhindari dari penyakit.

“Orang-orang lebih banyak menyentuh wajah mereka saat makan dan minum tanpa menyadarinya. Tunggu sampai Anda turun dari kereta untuk menghindari kemungkinan kontaminasi dari tangan ke mulut,” tegas Charles.

Nah, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kalian yang sehari-harinya menggunakan sarana transportasi publik di tengah merebaknya virus Corona.  (Sbg/Rig)

Comments