Fesyen Blogger
Nama Chiara Ferragni dikenal sebagai seorang fesyen blogger yang berpengaruh terhadap dunia fesyen di Italia. (Foto: Instagram chiaraferragni)

Sabigaju.com – Apakah kamu kenal dengan Chiara Ferragni? Chiara Ferragni adalah seorang fesyen blogger yang berasal dari Italia.

Ketertarikannya untuk mendalami dunia fashion serta konsistensinya dalam berkarya menjadikan Chiara Ferragni sebagai seorang fesyen blogger kaya dan berpengaruh dewasa ini.

Tahun 2017, fesyen blogger ini bahkan masuk dalam daftar ‘The 20 Most Influential Travelers of 2017′ versi media pariwisata Travel+Leisure

Namanya juga masuk dalam jajaran tersebut bersanding dengan keluarga kerajaan Inggris, Barack dan Michelle Obama, Mark Zuckerberg serta Oprah Winfrey.

Mewarisi Bakat Ibunya pada bidang Fashion dan Fotografi

Chiara mewarisi bakat ibunya di bidang fashion dan fotografi. Ia lahir di Cremona, Italia pada 7 Mei 1987 dari pasangan dokter gigi bernama Lombard Ferragni dan penulis serta fotografer bernama Marina Di Guardo. Chiara memiliki saudara perempuan bernama Valentina Ferragni dan Francesca Ferragni.

Saat remaja, ia sudah mulai terkenal di komunitas online di Italia. Ia sering membagikan foto-foto outfit of the day-nya pada jejaring situs media seperti Flicker. Pada tahun 2009, Chiara memutuskan untuk menciptakan blog pribadi yang diberi nama The Blonde Salad (TBS).

 

The Blonde Salad, blog yang mengupas tren-tren fashion milik Chiara Ferragni. (Foto: theblondesalad.com)

Memulai pada Waktu yang Terbaik

Menurut Chiara, ia benar-benar memulai TBS pada waktu terbaik. Ketika itu, dunia tengah mulai berbicara tentang fenomena fesyen blogger dan banyak brand mulai tertarik untuk mendekati Chiara kala itu.

Pada awalnya, TBS berfokus pada menciptakan sesuatu yang disukai orang serta dapat menyebarkan inspirasi bagi para pembacanya.

Seiring dengan berjalannya waktu, TBS kini mulai berfokus pada konten gaya hidup seperti fashion, beauty dan travel. Chiara dan kekasihnya kala itu, Riccardo Pozzoli, mulai menerapkan sistem iklan berbayar pada brand fashion yang ingin memposting koleksi terbaru di blog-nya.

Bukan main-main, pada sekali unggahan iklan, Chiara menetapkan tarif sekitar 1.000-2.000 euro atau setara dengan 16-32 juta rupiah.

Blog yang memiliki lebih dari 600.000 pengunjung itu selalu berhasil mengantongi USD 1.5 juta atau setara 20 miliar dari pemasukkan iklan setiap bulannya.

Fesyen Blogger dengan Bisnis Jutaan Dolar

Chiara tidak pernah menyangka bahwa blog-nya dapat mendatangkan pemasukan yang sedemikian besar.

Kepopuleran dan kesuksesan yang diraihnya melalui blog telah membuatnya acapkali mendapat undangan front row dalam berbagai peragaan busana. Chiara kini mulai mempekerjakan 20 orang untuk mengisi konten di blog-nya.

Begitu Instagram mulai terkenal sekitar tahun 2013, Chiara membuat strategi baru dengan cara memisahkan konten blog dengan posting media sosialnya.

Ia tetap melanjutkan memposting outfit harian serta aktivitasnya di Instagram. Sedangkan para pekerjanya mulai merencanakan konten editorial setiap minggu untuk dapat diposting di blog.

Strategi ini rupanya berhasil membuat Chiara mendapatkan ketenaran baik melalui blog maupun media sosial. Dalam waktu yang tidak begitu lama, Chiara kemudian berhasil memperoleh followers Instagram awal sebesar 12.6 juta.

Kesuksesan ini mengantarkannya untuk mendapatkan pendapatan sebesar USD 10 juta (137 miliar) versi Majalah Forbes. Majalah ini juga memberikan penghargaan ‘Most Powerful Fashion Influencer’ untuk Chiara pada akhir tahun 2017 lalu. (Sbg/Van)

Comments