Chef Harada dunia pada Senin, (19/3)  di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat (Foto: Instagram ayummy426)
Chef Harada dunia pada Senin, (19/3)  di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat (Foto: Instagram ayummy426)

Sabigaju.com Kepergian penggiat kuliner Hiromitsu Harada, atau akrab disapa Chef Harada yang meninggal dunia pada Senin, (19/3)  di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok meninggalkan rasa duka yang mendalam bagi keluarga namun juga penggemarnya.

Informasi meninggalnya Chef Harada diketahui melalui akun Instagram putrinya, @ayummyy246, yang memposting bahwa ayahnya sudah meninggal dunia pada pukul 02.15 dini hari.

Harada dikenal masyarakat sebagai seorang chef Jepang yang seringkali memperkenalkan resep otentik Jepang lewat program kuliner yang ia bawakan di salah satu stasiun TV swasta.

Chef Harada Kerap Menyajikan Sushi

Chef asal Jepang yang dikenal lewat jargonnya, “Ibu-Ibu, Masak Yauuk” itu memang pandai dan ahli dalam mengolah masakan khas negeri matahari terbit .

Dia telah banyak memberi inspirasi memasak lewat karya-karya masakannya. Ia memiliki ciri khas dalam mengolah masakan asal negeri matari, seperti sushi.

Sushi sendiri adalah salah satu jenis kuliner Jepang memang sudah cukup dikenal di Indonesia. Nah kali Sabigaju mau bebagi informasi dengan pembaca tentang berbagai hal seputar sushi yang dihimpun dari berbagai sumber. Check this out

1. Sushi hanya berasal dari Jepang

Banyak negara di Asia Tenggara memiliki variasi makanan sejenis sushi. Sushi sendiri merupakan perpaduan Nasi dan cuka kemudian dipadukan dengan ikan segar untuk mengawetkannya.

Adapun penggunaan cuka diyakini berguna sebagai antibiotik.

2. Sushi Berasal dari Kaki Lima

Sushi awalnya merupakan makanan kaki lima alias streetfood, bukan makanan mewah.

Namun, dengan berkembangnya ilmu kuliner, sushi juga bisa dijadikan makanan mewah yang dihargai ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah.

3. Ikan untuk Sushi Disajikan Masih Hidup

Nah, kalian mesti tahu nih. Makanan Jepang yang disajikan secara hidup adalah ikizukuri, bukan sushi. Sushi itu disajikan dalam bentuk mentah atau segar, tetapi ikan sudah lebih dulu dibersihkan untuk disajikan.

4. Perempuan Pantang Menjadi Chefsushi

Sebenarnya mitoslah yang mengatakan perempuan tak bisa menjadi seorang chefsushi lantaran dianggap memiliki temperatur tangan yang panas, sehingga tidak cocok untuk mengolah ikan menjadi bahan sushi.

Padahal secara fakta perempuan di Jepang umumnya tidak biasa mengolah sushi di zaman dahulu. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, chef perempuan mulai bermunculan di seluruh Jepang.

 

5. Sushi Bukanlah Makanan Sehari-hari Orang Jepang

Sushi bukanlah makanlh makanan sehari-hari  orang Jepang. Sebab makanan Jepang itu jenisnya beragam. Bahkan, Jepang dinobatkan sebagai salah satu negara dengan variasi makanan terbanyak.

Namun, membeli dan memakan sushi di Jepang langsung memang akan memberikan sensasi yang berbeda.  Belum lagi begitu banyak turis yang menghabiskan waktu mencoba sushi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Karena itu, munculah mitos bahwa orang Jepang selalu makan sushi setiap hari.

Nah semoga Informasi tadi bermanfaat untuk Anda. (Sbg/Rig)

Comments