Perempuan Masa Kini
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Siapa di sini yang punya pasangan tipe cewek pintar? Juara kelas, tau banyak hal, suka baca buku, articulate, sukses karir dan pendidikan, wah seksi banget deh.

Kamu bisa banggakan dia pada teman dan keluarga. Kamu bisa berbagi cerita dan informasi. Kamu bisa melakukan banyak hal.

Tapi taukah kamu bahwa kecerdasan IQ (intellegence quota) berbanding terbalik dengan EQ (emotional quota)? Apaan nih maksudnya? Yuk, cek ulasannya berikut ini:

Fakta di Balik Sosok  Cewek Pintar

Ternyata ada fakta menyedihkan di balik kecerdasan seorang perempuan nih, Sob. Beberapa studi mengatakan bahwa semakin cerdas perempuan, maka biasanya mereka akan semakin bodoh soal percintaan.

Dikutip buku Why Men Want Sex and Women Need Love, seorang wanita profesional biasanya akan banyak melakukan kesalahan dalam memilih cintanya dan selalu tersangkut kasus perselingkuhan. Mereka juga kerap mengalami perceraian.

BACA JUGA: Pria Sapioseksual Cuma Tertarik Sama Wanita Pintar

Menurut American Journal of Marriage and Family, angka perceraian wanita yang profesional dalam karirnya semakin meningkat. Wanita yang karirnya melonjak atau bahkan lebih baik dari suaminya rata-rata mengalami perceraian dua kali dalam pernikahan mereka.

Studi ini juga mengatakan bahwa wanita cerdas seringkali kehilangan kendali dan sulit bertoleransi. Ini akhirnya membuat pasangan mereka kesulitan dalam menghadapinya.

Kemudian, Dokter Robert Heldon yang juga seorang penulis buku Success Intelligence akan selalu menganalisa makna yang terjadi dalam kehidupan mereka dan mengecek apa motif di balik kejadian itu semua.

Pada akhirnya, mereka malah lupa untuk bersikap terbuka dan rentan secara emosional.

BACA JUGA: Mengapa Secara Ilmiah Wanita Lebih Pintar daripada Pria?

Soal Nalar dan Emosional

Beberapa tahun lalu, penulis konten Forbes bernama Michael Noer memicu kemarahan publik karena telah menulis soal studi yang mengatakan hal serupa:cewek pintar kerap mengalami perceraian.

Dia menulis bahwa semakin cerdas perempuan, semakin pula mereka rentan mengalami perceraian, berselingkuh dan tak memiliki anak.

Robert Holden mengungkap bahwa sebetulnya ini ada kaitannya dengan kecerdasan intelegensi dan emosional wanita.

“IQ adalah apa yang terjadi kepala dan pikiran, orang-orang yang sering mengandalkan IQ seringkali memicu perdebatan dan tentu ini tidak baik untuk hubungan mereka,” terang Holden.

Lebih lanjut Holden menyatakan bahwa untuk bisa berkomunikasi dengan baik kepada pasangan, seseorang harus juga cerdas secara emosional atau EQ agar tumbuh rasa empati dan respect satu sama lain.

BACA JUGA: Jenjang Pendidikan Istri Lebih Tinggi dari Suami? It’s Okay! 

Wanita dengan IQ tinggi seringkali memakai penalaran dan logika mereka untuk menyelesaikan masalah sehingga emosional mereka kerap tak dipakai.

Hmmm, fakta ini sebetulnya belum tentu bisa digeneralisasikan pada semua wanita cerdas ya. Bagaimanapun, kecerdasan seorang wanita dibutuhkan mengingat mereka akan menjadi seorang ibu yang mendidik anak-anaknya.

Fakta seperti ini tak bisa dihadapkan oleh semua perempuan yang tentu memang punya ambisi sukses untuk karir dan kecemerlangan pola pikir mereka.

Nah sekarang, tinggal kamunya aja nih para lelaki, gimana bijaknya menghadapi cewek pintar. (Sbg/Dinda)

Comments