Tikus Bersarang di Mobill
(Sumber YouTube)

Sabigaju.com – Di maa pandemi ini ada satu pemandangan dimana tikus kerap terlihat berkeliaran di sekitar rumah ataupun di sudut kota.

Munculnya tikus-tikus yang keluar dari tempat persembunyiannya dan semakin agresif diduga lantaran kelaparan mencari makanan yang tidak lagi mudah ditemukan saat ini karena banyak bisnis yang ditutup akibat pandemi Covid-19.

Menurut Michael H. Parsons, sarjana ilmu biologi di Universitas Fordham  koloni hewan pengerat ini sebagian bermigrasi ke lingkungan baru, karena tidak dapat menemukan makanan di lingkungan lama.

“Kamu mungkin akan menemukan kelompok populasi (tikus) yang lebih cerdas dan lebih tangguh yang sebelumnya mungkin belum pernah terhubung dengan manusia, tytur Parsons.

BACA JUGA: Mengemudi Mobil Saat Macet, Jangan Ngegas Terus Gaes 

Tikus Bisa Bersarang di Mobil

Berangkat dari pandangan tersebut, sepertinya kamu harus waspada dan menjaga Mobil yang jarang dipakai selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), agar jauh dari jangkauan tikus.

Tikus Menggigit Kabel di ruang mesin mobil
l (n2-details.com)

Sebaab, jika tikus sudah pernah masuk ke ruang mesin atau kabin, ada kemungkinan hewan pengerat tersebut akan kembali datang.

Ruang mesin atau kabin yang pernah didatangi hewan pengerat ini tentunya akan rawan mengalami kerusakan, mengingat sifat dari tikus adalah gemar menggigit benda apapun termasuk kabel-kabel kelistrikan mobil.

Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar tikus tidak bersarang di mobil kesayanganmu di masa pandemi ini:

1. Pilih Tempat Parkir yang Aman

Hal pertamayang bisa kamu lakukan untuk mencegah tikus datang dan masuk ke ruang mesin adalah memilih tempat yang aman.

Mobil sebaiknya di parkir di garasi tertutup
(Foto: Unsplash)

Aman dalam hal ini tidak hanya dari aksi pencurian saja, tetapi juga dari jangkauan hewan-hewan yang bisa masuk ke dalam mobil. Tempat yang aman salah satunya adalah di garasi yang tertutup

Kamu sebaiknya menghindari memarkir mobil  dilokasi yang berdekatan dengan area kebun karena rawan didatangi oleh tikus yang bisa merusak kabel dan juga selang-selang. Bisa tekor deh dompet buat servis kalo sampe kejadian.

BACA JUGA: Jangan Lupa Memanaskan Mesin Mobil di Masa PSBB 

2. Bersihkan Jejak Tikus

Jika hewan pengerat ini sudah pernah bersarang ataupun masuk ke  di ruang mesin atau kabin, cara untuk mencegahnya datang kembali adalah dengan membersihkan bekas atau jejaknya.

(Foto: Unsplash.com)

Tikus selalu meninggalkan jejak di tempat yang pernah disinggahi. Jejak ini sebagai tanda wilayahnya, misalkan dengan kotoran maupun bau kencingnya.

Jika di dalam mobil sudah ada bekas hl itu  bisa mengundang lebih banyak tikus untuk datang ke mobil kesayanganmu.

3. Gunakan Kamper

Cara lain yang juga efektif untuk mengusir hewan pengerat ini agar tidak bersarang di area ruang mesin atau kabin adalah dengan menggunakan kamper atau kapur barus.

Bahan yang biasa digunakan sebagai pengharum pakaian di lemari ini diyakini ampuh untuk mengusir tikus.

(Sumber: kliknclean.com)

Untuk penggunaannya, kamper bisa diletakkan di sudut-sudut yang ada jejak tikusnya atau yang sering didatangi koloni pengerat itu.

Bau dari kapur barus dipercaya mampu membuat tikus tidak nyaman saat berada di sebuah tempat. Namun Bila kamu menemukan  jejak hewan pengerat ini  tetap bersihkkan dulu yah gaes

BACA JUGA: Antisipasi Corona di Udara, AC Mobil Wajib Bersih

4. Gunakan Wewangian

Cara yang terakhir, agar hewan pengerat ini tidak bersarang di mobil yakni dengan menggunakan bahan wewangian.

(Foto: Freepik.com)

Aroma atau bau yang ditimbulkan dari wewangian bisa membuat hewan pengerat ini enggan untuk datang.

Hewan pengerat ini tidak menyukai bau wewangian  jadi kalian bisa menempatkan wewangian di bagian ruang mesin atau tempat lain di mana tikus pernah atau akan datang.

Nah semoga informasi ini bisa membantumu agar lebih waspada yah gaes. (Sbg/Rig)

Comments