Wisata Cave tubing Kalisuci saat ini tengah hits dikunjungi oleh wisatawan saat berlibur ke Yogyakarta. (Foto : Instagram kalisucicavetubing)
Wisata Cave tubing Kalisuci saat ini tengah hits dikunjungi oleh wisatawan saat berlibur ke Yogyakarta. (Foto : Instagram kalisucicavetubing)

Sabigaju.com – Wisata Cave tubing Kalisuci merupakan wisata goa karst dengan sungai bawah tanah yang saat ini menjadi salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan saat berlibur ke Kota Pelajar, Yogyakarta.

Cave Tubing Kalisuci adalah lokasi perpaduan antara caving dan body rafting. Indonesia khususnya Yogyakarta patut berbangga hati karena memiliki objek wisata cave tubing yang hanya dimiliki oleh 3 negara, yaitu Indonesia Mexico dan Selandia Baru.

Berada di kawasan Kars Gunungsewu yang telah dilindungi dan diusulkan oleh International Union Speleology (IUS) pada tahun 1993 untuk menjadi salah satu warisan alam dunia.

Menyusuri Sungai Bawah Tanah

Tempat wisata ini sebenarnya sudah mulai dirintis sejak era pemerintahan Soeharto sekitar tahun 1997 yaitu dengan pembangunan tangga untuk akses menuju ke bawah sungai, akan tetapi kurangnya perhatian dari pemerintah setempat kemudian menjadikan tempat ini tidak terawat dengan baik.

Bahkan warga sekitar justru menggunakan Kalisuci ini untuk keperluan mandi dan mencuci mereka. Hal itu, tentunya sempat membuat prihatin, karena jika digunakan untuk keperluan mencuci dan mandi, otomatis kondisi air di sungai bawah tanah pun akan tercemar.

Karakteristik tanah di lokasi ini berjenis batuan kapur. Di Gunung Kidul yang kering di musim kemarau pun tak menyurutkan derasnya aliran air sungai di Kalisuci ini.

Sungai bawah tanah yang mengalir di bawah gua menjadi salah satu tempat petualangan yang menantang dan asik pastinya. (Foto: Instagram kalisucicavetubing)

Sungai bawah tanah yang mengalir di bawah gua menjadi salah satu tempat petualangan yang menantang dan asik pastinya, bagaimana tidak, langit-langit gua terbentuk sedemikian indah oleh alam dan air sungai yang berwarna hijau yang pastinya akan membuat siapapun kagum dan ingin masuk ke dalam air saat melihatnya.

Sampai ke lokasi Cave Tubing Kalisuci, Kalian akan langsung dapat melihat sungai bawah tanah dengan air yang mengalir deras menembus gua–gua karst seperti Gua Grubug, dan Gua Jomblang yang sering digunakan oleh para kelompok pecinta alam untuk melakukan penelusuran di lokasi tersebut.

Setiap peserta Cave Tubing Kalisuci harus dapat menakhlukkan jalur sepanjang 500 meter dengan kedalaman air 1 sampai 3 meter. Sobat Sabi akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk dapat menuntaskan penyusuran di gua, dimulai dari Gua Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan berakhir di Gua Mburi Omah.

Tempat yang Tepat Untuk Melatih keberanian

Saat berada di lokasi Cave Tubing Kalisuci ini, tak jarang Kalian akan dapat melihat segerombolan kelelawar beterbangan di dalam gua menemani para peserta rafting yang hanya menggunakan head lamp sebagai penerang.

Buat Kalian yang hobi melakukan kegiatan menantang seperti outbond, hiking dan jenis petualangan lainnya .ayo ke Cave Tubing Kalisuci di Yogyakarta! ((Foto: Instagram kalisucicavetubing
Buat Kalian yang hobi melakukan kegiatan menantang seperti outbond, hiking dan jenis petualangan lainnya .ayo ke Cave Tubing Kalisuci di Yogyakarta! ((Foto: Instagram kalisucicavetubing

Selain itu, mata Kalian Juga akan dimanjakan dengan beragam bentuk karst menghiasi gua, yang menjadi pemandangan yang sayang indah dan wajib untuk Kalian abaikan.

Wisata Cave Tubing Kalisuci juga sangat cocok untuk Kalian yang hobi melakukan kegiatan yang cukup menantang seperti outbond, hiking dan jenis petualangan lainnya. Tebing yang curam serta jalan setapak sekitar sungai menjadi tempat menantang tersendiri untuk melatih keterampilan, dan keberanian Sobat Sabi.

Jadi jangan tunggu lama-lama lagi, Sobat Sabi bisa langsung masukkan daftar Cave Tubing Kalisuci di Yogyakarta ini sebagai destinasi lokasi wisata untuk menghabiskan waktu libur panjang Kalian akhir tahun ini. (Sbg/Elv)

 

Comments