Berjalan Kaki
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadan bukan menjadi alasanmu untuk mengurangi aktivitas fisik atau berolahraga. Kamu tetap bisa berolahraga dengan memilih jenis olahraga yang tepat dan waktu latihan yang terbatas.

Jenis olahraga pertama yang bisa kamu lakukan adalah berjalan kaki Meski terlihat sangat mudah dilakukan,  berjalan kaki bisa membantu membakar kalorimu.

Alangkah baiknya jika di masa jaga jarak ini  kamu  tetap berolahraga santai dengan jalan kaki di kompleks atau sekitar rumah sambil ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Kendati berjalan kaki itu gratis’kamu harus menemukan sepatu yang tepat sebagai pendukung dan melindungi kaki dari cedera.

BACA JUGA: Jalan Kaki Bisa Meredakan Stress 

Dukungan yang Tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memilih sepatu untuk berjalan kaki adalah bantalan dan dukungan yang diberikan sepatu secara keseluruhan.

Menurut direktur produk Hoka One One Colin Ingram, ketebalan bantalan sebagian besar adalah masalah preferensi pribadi.

Beberapa orang lebih suka alas kaki yang sangat empuk untuk berjalan-jalan dan pemakaian harian, sementara yang lain lebih suka kontak lebih dekat ke tanah.

Selanjutnya, pertimbangkan sepatu yang stabil saat memulai berjalan kaki.  Menurut Ingram hal ini bisa didapat dari sepatu dan outsole yang lebih lebar, atau bila kaki berada di posisi rendah di dalam sepatu.

BACA JUGA: Kebiasaan Jalan Kaki Berguna untuk Mencegah Corona 

Perhatikan Soal Traksi

Hal lain yang juga jadi  pertimbangan  sebelum memilih sepatu untuk berjalan kaki. adalah soal traksi.

Karenanya perhatikan bagian outsole sepatu. Biasanya outsole kasar digunakan untuk medan yang kasar juga. Jika kita berjalan kaki di permukaan beraspal atau treadmill di rumah, traksi dari outsole seharusnya tidak menjadi prioritas besar.

Artinya, untuk permukaan yang relatif halus, lebih baik memprioritaskan ketahanan.

“Karet yang lebih kuat dan tebal pada outsole dapat menjaga sepatu tidak lecet dan cepat rusak,” kata  Ingram.

“Namun, ini juga menambah berat, jadi kita lebih baik menemukan keseimbangan antara bahan yang ringan dan tahan lama yang paling memenuhi kebutuhan kita.” Jelas Ingram.

Sementara bagi orang-orang yang berjalan kaki atau hiking di jalan tanah, beberapa traksi tambahan layak dipertimbangkan, terutama jika kita menaiki dan menuruni bukit.

“Kecuali jika kita berada di medan yang sangat teknis dan menantang, maka traksi harus dipertimbangkan,” ujar Ingram.

BACA JUGA: Asyik, Sehat dan Irit, Wisata Jalan Kaki Itu Keren Men!

Fleksibilitas

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu untuk berjalan kaki adalah soal fleksibilitas sepatu. Ini penting agar kamu bisa merasakan kenyamanan dan performanya.

Beberapa tingkat kelenturan dibutuhkan untuk memudahkan kaki bergerak dan menyerap guncangan, karena sepatu yang terlalu kaku bisa terasa menyakitkan.

“Kita memang butuh midsole yang kaku untuk menjaga kaki, tetapi harus relatif fleksibel untuk beberapa gerakan alami,” kata Ingram.

Ingram menyarankan agar kita membeli di toko yang dapat memberikan saran mengenai sepatu mana yang cocok bagi kita.

Saat membeli sepatu secara online, pelajari fitur untuk menemukan sepatu yang dapat memenuhi kebutuhan kita.

Ulasan di internet juga dapat membantu kita mengetahui pengalaman pelanggan dengan sepatu dan apakah itu yang kita cari. (Sbg/Rig)

Comments